DATA BMKG 12 Agustus 2020

Kadafi Tinjau Pelaksanaan UTBK di Unsyiah

Kadafi Tinjau Pelaksanaan UTBK di Unsyiah

Anggota DPR-RI Muhammad Kadafi didampingi Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal meninjau UTBK 2020 di Universitas Syiah Kuala.

HABADAILY.COM—Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Dr H Muhammad Kadafi SH MH meninjau langsung pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 di Universitas Syiah Kuala, Minggu (5/7/2020). Politisi Partai Kebangkitan Bangsa tersebut didampingi oleh Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng saat mengunjungi salah satu lokasi ujian di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Pada kunjungan tersebut, Kadafi sangat mengapresiasi atas kesiapan Unsyiah dalam menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ujian masuk perguruan tinggi ini.

Menurutnya, hal tersebut mencerminkan bahwa Unsyiah merespon cepat atas kondisi-kondisi luar biasa seperti wabah Covid-19 yang belum berakhir ini. “Saya lihat protokol kesehatan di Unsyiah sudah dilaksanakan dengan tertib dan benar. Proses tempat duduk dan pemberian informasi bagi peserta juga cukup baik,” ucap Kadafi.

Pelaksanaan UTBK kali ini, menurut Kadafi, secara tak langsung turut mengedukasi masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Apalagi dalam memasuki fase new normal.

Untuk itulah, Kadafi mengajak seluruh peserta UTBK kali ini untuk memahami bahwa kondisi sekarang tidak sama dengan sebelumnya. Sebagai contoh, peserta ujian harus menggunakan masker dan sarung tangan dalam menjawab soal. Maka mereka dituntut untuk mulai terbiasa dengan kondisi-kondisi demikian.

“Jadi ini sedikit tidak nyaman, maka kita perlu memberikan informasi dari awal bagi seluruh peserta untuk mulai terbiasa. Jangan sampai mereka enggak biasa, gak fokus sama ujiannya. Jadi harus mengedukasi mereka untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu Rektor Unsyiah mengungkapkan, Unsyiah sangat memperhatikan kesehatan atau keselamatan peserta ujian. Oleh karena itu,  proses pelaksanaan ujian dengan menerapkan protokol kesehatan seperti ini telah Unsyiah persiapkan jauh hari. Kegiatan ini juga telah mendapat izin dari Gugus Tugas Covid-19 Kota Banda Aceh. Bahkan, Unsyiah telah melakukan kegiatan simulasi agar seluruh panitia pelaksana bisa memahami dan menerapkan dengan baik protokol kesehatan di lapangan.

“Semua ini kita persiapkan, agar anak-anak kita yang melaksanakan UTBK ini bisa terjamin keselamatannya. Di samping kita akan terus  berdoa dan menguatkan ikhtiar, agar wabah ini segera berakhir, ” ucap Rektor.

Pelaksanaan UTBK dimulai sejak tanggal 5 – 12 Juli 2020. Adapun jumlah peserta UTBK untuk jalur SBMPTN  di Unsyiah pada tahun ini berjumlah 9.269 peserta. Untuk diketahui, ujian UTBK merupakan syarat utama bagi siswa yang akan melanjutkan studinya ke perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN dan Mandiri. Di mana semua proses pelaksanaannya di bawah koordinasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru