Dampak Ketegangan AS-Tiongkok Dipicu Pemblokiran TikTok

April 25, 2024 - 14:50
Ilustrasi pemblokiran TikTok di Amerika Serikat. [GGWP]
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM - Presiden AS, Joe Biden telah menandatangani undang-undang yang berpotensi memblokir TikTok dari pasar AS. Dalam kondisi tersebut, Beijing harus memutuskan cara terbaik untuk merespons keputusan AS terhadap startup tersebut.

Seperti dilansir dari Bloomberg Asia, Kamis (25/4/2024), dalam konferensi persnya, Kementerian Luar Negeri China mengaku bakal mengambil langkah-langkah tegas untuk mempertahankan kepentingan mereka.

Sejauh ini, pemerintahan Presiden Xi Jinping telah menunjukkan pengendalian diri dalam menanggapi pembatasan perdagangan AS selama musim pemilu. Sikap moderat Partai Komunis menjadi lebih mudah dengan pilihan Biden untuk menggunakan strategi halus seperti tarif terhadap logam yang sedikit diekspor Tiongkok ke Amerika.

Jika TikTok atau perusahaan induknya di Tiongkok diusir dari Amerika Serikat, hal ini dapat mengganggu keseimbangan hubungan perdagangan AS-Tiongkok. 

Hal ini dapat mengakibatkan Tiongkok melakukan pembalasan terhadap perusahaan-perusahaan Amerika yang memiliki kehadiran signifikan di pasar Tiongkok, seperti Apple dan Tesla. 

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.