PLTA Peusangan Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun Ini

April 25, 2024 - 15:50
Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM saat mengunjungi PLTA Peusangan. [Dok. Kementerian ESDM]
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM – Kementerian ESDM tengah berupaya mempercepat penggunaan energi hijau untuk pembangkit tenaga listrik. Di Aceh, pihaknya menargetkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peusangan, tepatnya di Kabupaten Aceh Tengah.

Saat mengunjungi PLTA Peusangan, Selasa lalu, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman Hutajulu menyampaikan bahwa pembangkit tersebut merupakan salah satu tulang punggung untuk energi hijau di Indonesia. PLTA Peusangan juga berperan penting untuk memenuhi peningkatan kebutuhan tenaga listrik di Sumatera, khususnya di Aceh.

Jisman juga mengatakan tantangan di sektor ketenagalistrikan bukan cuma soal keandalan, efisiensi dan harga listrik yang murah, namun juga masalah lingkungan yang berimbas kepada tuntutan pengelolaan emisi dan peningkatan penggunaan energi bersih.

"PLTA Peusangan ini merupakan PLTA pertama di Provinsi Aceh dan saat ini progres fisik di lapangan telah mencapai 94,7 persen yang direncanakan Commercial Operation Date (COD) unit 1 (45 MW) pada akhir 2024 dan unit 2 (43 MW) di Mei 2025," terang Jisman dalam keterangan resminya, Kamis (25/4/2024).

Ia juga menambahkan, PLTA Peusangan merupakan proyek legendaris. Pemerintah berharap pembangunan PLTA Peusangan bisa rampung tahun ini, karena dari segi pembebasan lahan, konstruksi, sudah mencapai 90 persen.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.