DATA BMKG 10 Desember 2019

Menikmati Pesona Banda Aceh dari Puncak Glee Batee

Menikmati Pesona Banda Aceh dari Puncak Glee Batee

FOTO: FB Hendrik Abiek

HABADAILY.COM - Pernahkah terbayang oleh para traveler, bahwa di sekitar Kota Banda Aceh masih banyak menyimpan panorama indah yang belum terjamah?

Jika traveler merasa penasaran, cobalah sesekali mencari spot bukit atau puncak yang ada di Kabupaten Aceh Besar.

Puncak Glee Batee atau lebih dikenal dengan perbukitan Batee yang berada di Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, bisa menjadi pilihan untuk menikmati pemandangan Kota Banda Aceh dari atas view yang berbeda.

Terlebih jika menikmatinya di malam hari, gelapnya malam dan kemilau cahaya di malam hari tentu akan menjadi nuansa tersendiri bagi traveler yang suka menikmati keindahan panorama landscape.

Dari atas bukit ini, para traveler bisa menemukan wajah Banda Aceh yang dipenuhi cahaya lampu pada malam hari. Melihat deretan perumahan warga yang beragam ukuran serta pemandangan bibir pantai, yang satu dekade lalu gelombang tsunami pernah menyapu habis bangunan di kawasan itu.

Glee Batee, begitulah masyarakat setempat menyebutkannya. Lokasi ini merupakan daerah penyangga di Aceh Besar yang bertetangga dekat dengan Banda Aceh, menyimpan sebuah bukit yang menawan.

Keberadaannya pun cukup mudah untuk didatangi. Tidak begitu jauh dari Banda Aceh, lebih kurang 5 kilometer dari pusat kota atau dari Masjid Raya Baiturrahman.

Batee dalam bahasa Aceh memiliki arti batu, sedangkan glee memiliki arti gunung atau bukit. Jadi, Glee Batee adalah sebuah gunung atau bukit yang berbatu.

Jalan satu-satunya untuk menuju ke puncak Glee Batee hanya bisa ditembus melalui Gampong Rima Jeuneu. Keberadaan gampong ini hanya terpaut beberapa meter dengan wilayah Ajun, sebuah daerah yang sudah cukup terkenal di Banda Aceh. 

Melalui Jalan Gampong Rima Jeuneu itulah, satu-satunya akses menuju puncak Glee Batee yang menyuguhkan keindahan wajah kota Banda Aceh dari ketinggian sekira 200 mdpl. Dipastikan, para traveler akan ingin berlama-lama saat berada di kawasan tertinggi seputaran Koetaradja ini, tertarik untuk menikmati? 

Artikel Ini Sudah Tayang di Media Cetak HD Indonesia : Edisi : 07  ( 01-15 NOVEMBER 2019 )
 

Komentar
Baca Juga
Terbaru