Sweet Seventeen, FKG USK Raih Akreditasi Unggul

Habadaily | Pendidikan - August 29, 2022 - 18:49
Gedung FKG USK Banda Aceh.

Universitas Syiah Kuala (USK) terus mencatatkan prestasi membanggakan di bidang akademik. Tepat di usianya ke-17 tahun, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) berhasil memperoleh akreditasi unggul.

"Alhamdulillah, komitmen kita untuk mengembangkan fakultas ini perlahan membuahkan hasil. Akreditasi unggul ini setidaknya menjelaskan standar layanan dan akademik FKG USK meningkat sangat baik,” sebut Dekan FKG USK Dr drg Cut Soraya MPd SpKG, Senin (29 Agustus 2022).

Kepastian tersebut termaktub dalam Surat Keputusan PERKUMPULAN LAM-PTKes 0685/LAM-PTKes/AKr/ Sar/VIII/ 2022 yang ditetapkan 12 Agustus 2022 di Jakarta. Dengan memperoleh nilai 366 dan berlaku sampai 14 Oktober 2026.

Dekan FKG menyampaikan, keberhasilan tersebut menjadi kado indah bagi FKG USK yang merayakan hari jadinya yang ke 17. Keberhasilan tersebut, tidak terlepas dari kerja keras dan kebersamaan keluarga besar FKG USK serta dukungan dari pimpinan universitas.

"Dengan capaian akreditasi unggul ini, FKG akan melangkah untuk mengembangkan diri dalam bidang tridharma perguruan tinggi, meningkatkan kerjasama dalam dan luar negeri, terutama di bidang riset, pengembangan laboratorium, serta membuka prodi baru. Selanjutnya FKG USK sdh bisa mempersiapkan  diri menuju akreditasi internasional," ujar Dr. drg Cut Soraya.

Menurutnya, akreditasi unggul ini sangat berarti bagi USK karena merupakan milestone untuk mengembangkan fakultas ini ke depannya. Target tersebut diantaranya adalah membuka prodi baru yaitu S2 dan Spesialis. FKG juga akan mengembangkan riset berbasis keragaman hayati yang sesuai dengan visi misi FKG.

Cut Soraya menerangkan, raihan akreditasi unggul ini, semakin membuka peluang kerja sama FKG dengan mitra, baik dalam dan luar negeri. Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan universitas mitra juga lebih mudah.

“Jadi, ada banyak hal positif dengan akreditasi unggul ini. Pencapaian ini juga bermakna adanya peningkatan kualitas SDM di FKG, sehingga mampu meningkatkan reputasi FKG di hadapan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor USK Prof Dr Ir Marwan mengucapkan selamat atas prestasi yang diperoleh FKG USK. Dirinya mengungkapkan hal baik lainnya dari fakultas ini. Di mana saat ini, Pendidikan Profesi Dokter Gigi telah meraih akreditasi Baik Sekali dengan nilai 355. Nilai tersebut sedikit lagi akan mencapai unggul. Dirinya optimis, Dekan beserta jajarannya pun dapat meraih unggul.

"Terimakasih untuk kerja keras dari sivitas FKG USK. Terus persiapan diri untuk reakreditasi tahun depan, terutama pengembangan Rumah Sakit Gigi dan Mulut, yang merupakan wahana pendidikan Profesi Dokter Gigi," sebut Rektor.

Prof Marwan menyebutkan, akreditasi unggul ini adalah yang kesekian kalinya. Sebelumnya, prestasi yang sama berhasil dicapai oleh Prodi Ilmu Hukum, melengkapi pencapaian 9 prodi USK lainnya yang lebih dulu meraih unggul, yang terdiri dari 7 prodi sarjana yaitu Teknik Geofisika, Peternakan, Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Hewan, Pendidikan Dokter Gigi, Akuntasi dan Arsitektur. Serta dua prodi profesi yaitu Profesi Dokter Hewan dan Profesi Dokter.[]

Share: