Aceh Berkomitmen Pertahankan Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2022

Habadaily | Wisata - May 19, 2022 - 21:42
Aceh Berkomitmen Pertahankan Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2022
HABADAILY.COM | 

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh tengah gencar mempromosikan potensi wisata yang masuk dalam 12 nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API Awards) 2022. 

Hal itu dilakukan guna mempertahankan juara umum yang diperoleh pada tahun 2021 lalu. Dimana Aceh menyabet tujuh juara dari 12 destinasi yang dilombakan. 

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin, mengatakan pihaknya siap mempertahankan ajang bergensi tersebut. Namun, kata dia, juga dibutuhkan dukungan dari masyarakat untuk turut serta mempromosikan pariwisata di masing-masing daerahnya, dengan cara memberikan dukungan di API Awards 2022. 

“Untuk itu kita mengajak masyarakat untuk memberikan dukungan terhadap 12 destinasi wisata yang masuk dalam nominasi API 2022. Agar kita bisa mempertahankan status juara umum,” kata Jamaluddin, Kamis, 19 Mei 2022. 

Sementara itu, kepada tiap-tiap nominasi ia berharap agar memperhatikan ketentuan khusus yang telah diatur oleh panitia agar tidak terjadi keselahan mendasar yang nanatinya bisa berakibat fatal. 

Ketentuan tersebut, kata Jamaluddin, seperti materi foto. Foto harus menggambarkan jelas obyek/atraksi/destinasi/produk sesuai nominasi. Kemudian, foto dikirimkan harus merupakan gambar yang sudah bebas copyright claim ataupun sudah mendapatkan ijin penggunaan dari pemiliknya. 

Kemudian foto  harus dalam format landscape serta memiliki resolusi tinggi (high resolution) ataupun minimal berukuran 200 KB serta tidak terdapat logo ataupun watermark di dalam foto. Logo-logo yang akan dicantumkan dalam foto agar dikirimkan masing-masing dalam file terpisah dengan format png (transparan).

Untuk materi video, peserta harus menggambarkan jelas obyek/atraksi/destinasi/produk sesuai nominasi. Video yang dikirimkan harus merupakan video yang sudah bebas copyright claim ataupun sudah mendapatkan ijin penggunaan dari pemiliknya. 

Video dalam format landscape serta memiliki resolusi tinggi (high resolution) atau dengan dimensi ukuran 1280 x 720 px dan tidak terdapat logo ataupun watermark di dalam video. 

“Durasi video antara 2-5 menit. Logo-logo yang akan dicantumkan dalam video agar dikirimkan masing-masing dalam file terpisah dengan format png (transparan),” ujar Jamaluddin.

Untuk mekanisme voting, Jamaluddin mengingatkan agar peserta tidak melakukan aktivitas voting yang mencurigakan, seperti kenaikan jumlah voting yang tidak disertai bukti ataupun penjelasan kegiatan yang dilakukan. 

Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dari platform penyedia channel (Youtube, Instagram, Facebook) yang digunakan untuk keperluan vote maka Panitia dapat melakukan tindakan pengamanan terhadap channel vote yang digunakan.

Untuk menjamin kelancaran uploading materi untuk vote, maka akan dilakukan secara bertahap per kategori. Ia berharap peserta bersabar untuk hal tersebut. 

“Periode voting akan ditutup tanggal 31 Oktober 2022 dan seluruh materi akan diturunkan secara bertahap mulai tanggal 31 Oktober 2022 jam 00.00,” ujarnya. 

Selanjutnya, untuk Travel Talk, panitia akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata terkait yang telah menyelesaikan kelengkapan dan administrasi yang dibutuhkan, untuk mengatur jadwal Travel Talk.

Jumlah peserta Travel Talk dibagi menjadi 2 orang dari peserta dan 2 orang dari panitia (Ambassador/Komite Seleksi/dll).  

Panitia memberi kesempatan untuk melakukan promosi daerah dengan memberikan giveaway berupa cinderamata khas daerah (ataupun produk lainnya) untuk diberikan kepada audiens (mekanisme penentuan pemenang giveaway akan dikoordinasikan sebelum acara).

Jamaluddin juga mengingatkan dan mengajak masyarakat memberikan dukungan dari masing-masing kategori yang masuk nominasi API 2022 dengan cara memberikan dukungan suara dapat dilakukan melalui akun Instagram @ayojalanjalanindonesia, Youtube Channel APIaward, Facebook @API Award dan SMS premium.

“Masyarakat dapat memberikan dukungan suara pada periode pemungutan suara (voting periode) antara tanggal 1 Juni sampai 31 Oktober 2022 mendatang,” ujar Kadisbudpar Aceh.

Untuk SMS premium dukungan dapat dilakukan dengan cara mengirim SMS ke nomor 99386 (berlaku tarif premium untuk semua provider). Sebagai contoh: untuk memilih Diving Gampong Iboih, ketik API 8D dan kirim ke 99386. Setiap dukungan pilihan yang masuk melalui SMS akan dihitung 2 suara.

Sementara masyarakat juga bisa memberikan dukungan dengan cara like dan comment dukungan di video promosi nominasi API 2022 yang sudah diunggah di YouTube Channel APIaward. Dukungan akan dihitung berdasarkan jumlah rata-rata view, like dan comment. []

Share: