USK Gelar Vaksinasi Massal di Aceh Tengah

Habadaily | Kesehatan - December 13, 2021 - 19:46
Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU.,ASEAN.,Eng meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Gedung Pendari, Aceh Tengah.
HABADAILY.COM | 

Universitas Syiah Kuala melalui Fakultas Kedokteran melakukan vaksinasi massal di Gedung Pendari, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (13 Desember 2021).

Ketua Panitia Pelaksana Dr dr Safrizal Rahman MKes SpOT mengatakan  kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi di Aceh.

Dalam kegiatan ini, USK berkolaborasi dengan sejumlah pihak yaitu Polres Aceh Tengah, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Kimia Farma dan PLN. Safrizal menjelaskan, saat ini cakupan vaksinasi di Aceh masih tergolong rendah yaitu 44 persen. Padahal di akhir tahun 2021 ini jumlah cakupan vaksinasi di Aceh semestinya sudah 70 persen.

Karena kondisi tersebut, lalu Kementerian Kesehatan meminta dukungan USK untuk dapat terlibat aktif dalam mendukung cakupan vaksinasi di Aceh. Oleh karena itu USK yang saat ini sedang melakukan Rapat Kerja di Aceh Tengah, berupaya untuk menyelaraskan program vaksinasi tersebut.

USK menerjunkan tenaga kesehatannya, yang turut dibantu oleh personil Polri dan Dinas Kesehatan. Sementara pihak Kimia Farma telah menyediakan 1.000 dosis vaksin Sinopharm, serta bantuan sembako lainnya.

Alhamdulillah, Pemkab Aceh Tengah pun menyambut baik kerja sama ini. Terlihat masyarakat pun sangat antusias ikut vaksinasi. Mudah-mudahan hal ini dapat meningkatkan target vaksinasi kita, ujarnya dr Safrizal yang merupakan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh tersebut.

Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar mengatakan, dirinya menyampaikan terima kasih kepada USK yang telah membantu Pemkab Aceh Tengah dalam mencapai target vaksinasinya. Menurutnya, saat ini cakupan vaksinasi di Aceh Tengah masih sekitar 54 persen. Karena itulah, pihak Pemkab Aceh Tengah terus menggalakan vaksinasi di masyarakat.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada masyarakat, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Kita akan terus galakkan vaksinasi. Tiada hari yang tanpa vaksin. Dan mudah-mudahan, kegiatan seperti ini dapat meningkatkan target vaksinasi kita, dan semoga Covid-19 bisa hilang di negeri kita, ucapnya.

Wakil Rektor I USK Prof Dr Marwan mengatakan kegiatan vaksinasi ini merupakan bentuk pengabdian USK terhadap masyarakat. Selama ini USK juga telah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyukseskan target vaksinasi pemerintah.

Oleh karena itu, Prof Marwan mengungkapkan USK sangat siap untuk bekerja sama dengan pihak manapun. Apalagi saat ini USK memiliki 200 vaksinator yang siap ditugaskan untuk menyukseskan vaksinasi ini.

Kami siap menjembatani kegiatan vaksinasi seperti ini. Kolaborasi seperti ini juga sangat penting, agar kita dapat segera melewati wabah Covid-19 ini, ucapnya.[]

Share: