Lembaga Sertifikasi Profesi USK Siap Diapresiasi BNSP

Habadaily | Pendidikan - October 27, 2021 - 19:15
Kantor Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
HABADAILY.COM | 

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Syiah Kuala (USK) telah mengajukan permohonan untuk diapresiasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Permohonan untuk ini sudah kami ajukan pada 14 Oktober 2021. Apresiasi ini adalah penilaian awal dari BNSP sebagai salah satu langkah untuk mendapatkan lisensi dari BNSP,” ujar Kepala LSP USK Ardiansyah MSc, Rabu (27/10).

Setelah menjadi LSP yang berlisensi BNSP, papar Ardiansyah, maka LSP USK bisa melaksanakan Uji Kompetensi dan mengeluarkan sertifikat kompetensi. “Ini adalah satu tahapan yang harus kita lalui sebelum sebuah LSP mendapatkan lisensi dari BNSP hingga bisa mengeluarkan Sertifikat Kompetensi Profesi, sebutnya.

Menurut Ardiansyah, saat ini LPS USK sedang menunggu kabar dari BNSP untuk kepastian jadwal apresiasinya. Selama menunggu jadwal, LSP USK menyiapkan dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan untuk pengajuan permohonan lisesnsi kepada BNSP, seperti SK pendirian LSP, SK visi dan misi, bukti penetapan organisasi LSP, bukti keberadaan sumber daya, sarana dan SDM, analisis potensi sertifikasi kedepan, program kerja lima tahun ke depan, serta skema dan SKKNI untuk uji kompetensi.

“Setelah LSP ini terlisensi, mahasiswa USK nantinya dapat mengikuti Uji Kompetensi di LSP P1 USK untuk mendapatkan sertifikat kompetensi menurut skema kompetensi profesi sesuai dengan bidang studi dan minat masing-masing,” ungkapnya.

Di samping itu, Rektor USK Prof Dr Ir Samsun Rizal MEng IPU AseanEng sangat mengapresiasi kabar ini. Rektor berharap, LSP ini akan berperan aktif di Aceh dalam menyiapkan tenaga-tenaga terampil, berkompetensi dan siap memasuki dunia kerja.

LSP USK didirikan sejak Juli 2021 berdasarkan SK Rektor USK No 1158/UN11/KPT/2021 tanggal 1 Juli 2021 tentang Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Universitas Syiah Kuala. Dan LSP USK. LSP yang ada di USK sendiri adalah LSP pihak pertama atau P1. Ada tiga jenis LSP, yaitu LSP P1, P2, dan P3.

LSP P1 atau LSP P2 berfungsi sebagai Lembaga yang memastikan kompetensi dengan menyediakan Pendidikan Vokasi atau pekerjaan yang berdasarkan kualifikasi atau keahlian. Dalam sistem Pendidikan ini terdapat Lembaga pelatihan yang menyiapkan individu untuk memiliki kompetensi sesuai dengan kualifikasi atau keahlian dan kompetensi tersebut dipastikan dengan adanya uji kompetensi yang dilakukan oleh LSP P1 atau LSP P2.

Sedangkan LSP P3 berfungsi sebagai Lembaga yang memastikan kompetensi individu berdasarkan profesi/keahlian seseorang tanpa diperlukan persyaratan mengenai kelulusan dari suatu Lembaga Pendidikan tertentu. Selama individu merasa telah memiliki dan memenuhi suatu kualifikasi atau keahlian, individu tersebut berhak untuk mengajukan uji kompetensi.[]

Share: