DATA BMKG 20 Januari 2021
Rangkaian Gamifest 2018

Tarik Wisatawan, Takengon Bakal Pugar Seluruh Objek Wisata

Tarik Wisatawan, Takengon Bakal Pugar Seluruh Objek Wisata

HABADAILY.COM – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah bakal memugar seluruh destinasi wisata yang ada di Takengon. Rencana ini dilakukan agar Takengon menjadi tujuan wisatawan untuk berlibur.

“Kita akan pugar seluruh objek wisata yang ada di Takengon,” kata Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus, Senin (17/9/2018) pada acara pembukaan pacu kuda tradisional di lapangan Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

Firdaus menyebutkan, Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) 2018 momentum untuk mempromosikan destinasi wisata di dataran tinggi Gayo, khusunya di Aceh Tengah. Sehingga bisa meningkatkan jumlah kunjungan nantinya.

Setiap wisatawan yang berkunjung ke Takengon, sebutnya, pengunjung bisa betah dan berlama-lamaan berada di sini. Sehingga roda perekonomian masyarakat bisa tumbuh. Perputaran uang di Takengon semakin banyak, hingga pertumbuhan ekonomi terus membaik.

“Penginapan bisa penuh, mereka makan dan minum di sini, juga beli buah-buahan,” ungkapnya.

Even pacu kuda tradisional ini, sebutnya, diharapkan bisa juga memantik perekonomian masyarakat. Firdaus menaruh harapan besar, Takengon nantinya bisa menjadi pusat penjualan kuda lokal. Sehingga tidak lagi ketergantungan membeli gajah dari luar.

“Penting ini kita lakukan, agar kuda lokal yang kita punya jangan sampai hilang,” imbuhnya.

Sebelumnya Asisten Deputi Destinasi Wisata Zona II Kementrian Pariwisata RI, Reza Fahlevi mengusulkan, dataran tinggi Gayo layak dijadikan destinasi geopark (taman bumi). Sumber daya alam yang ada di Takengon layak dikembangan wisata alam dan destinasi wisata outdoor.

“Saya usulkan tanah Gayo sebagai destinasi geopark. Saya pikir tanah Gayo-Alas bisa diusulkan untuk destinasi itu, apalagi kita punya danau Lot Tawar, Burni Telong dan lainnya," ungkapnya.

Usulan Reza memang bukan tidak memiliki alasan yang kuat. Gayo-Alas merupakan kawasan dataran tinggi Aceh yang berada di punggung pegunungan Bukit Barisan pada ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Memiliki suhu udara yang sejuk, alam yang masih asli dan sejumlah warisan ekologi yang telah tersedia oleh alam.

Ada empat kabupaten kota yang bisa dijadikan destinasi geopark, karena memiliki distinasi wisata alam. Bentang alam yang tersedia, sangat cocok dijadikan geopark. Seperti yang ada di Amerika Serikat yang berada di Wyoming, Idaho dan Montana.

Geopark (Taman Bumi) banyak tersedia di dataran tinggi Gayo. Adanya danau Lot Tawar yang memiliki pesona yang indah. Gunung Burni Telong yang memiliki ketinggian sekitar 2.885 meter di atas permukaan laut, sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata adventure.

Ada juga sungai yang memiliki arus cukup mumpuni di Gayo Lues untuk arung jeram. Dan sejumlah objek wisata alam lainnya yang tersedia.

Menurut Reza, ada sejumlah keindahan yang berupa warisan geologis, keindahan alam dan budaya yang berkembang di Gayo-Alas. Taman Bumi ini nantinya dapat dipergunakan warisan geologi yang berkelanjutan. Sehingga bisa menjadi wisata edukasi setiap wisatawan yang berkunjung.

“Tanah Gayo tidak hanya memiliki bentang alam cocok dijadikan geopark, juga memiliki seni, budaya dan hasil alam yang berlimpah,” ungkapnya.[acl]

Komentar
Terbaru