DATA BMKG 06 Agustus 2020

Ketua DPRK Banda Aceh Pimpin Upacara HGN di MTsN Model

Ketua DPRK Banda Aceh Pimpin Upacara HGN di MTsN Model

Ketua DPRK Banda Aceh Farid Nyak Umar bersama para siswa MTsN Model.

HABADAILY.COM—Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Farid Nyak Umar ST memimpin upacara memperingati Hari Guru Nasional (HGN) di MTsN Model Banda Aceh, Senin (25/11/2019).

Dalam sambutanya, Farid Nyak Umar mengaprsiasikan perjuangan seorang guru. Menurut dia, kiprah seorang guru sangat penting dalam mewujudkan generasi emas di masa mendatang. “Kemajuan dan keberhasilan sebuah bangsa di masa depan sangat tergantung dengan kinerja dan perjuangan para guru dalam mendidik,” katanya.

Untuk mewujudkan dan melahirkan generasi emas itu, lanjut Farid, tentu tidak bisa dilakukan dengan instan. Tetapi harus dipersiapkan dan harus melalui proses yang panjang, semua itu hanya mampu dilakukan oleh para guru yang telah terlatih dan terdidik,” papar Farid Nyak Umar dalam sambutanya di hadapan ratusan para murid.

Karena itu, tambah dia, semua orang harus berterima kasih kepada para guru yang telah mendidik dengan ikhlas dan tanpa batas.

Farid Nyak Umar juga mengingatkan para pendidik bahwa di era 4.0 dituntut transformasi para guru secara fundamental, di mana guru sebagai pendidik dituntut untuk mampu bekerja dengan cepat dan menguasai teknologi informasi agar mampu bersaing di dunia global.

"Karena itu, kami mengharapkan para guru menguasai atau mengupgrade kemampuan dirinya agar anak-anak kita mampu berprestasi di era reformasi ini," ucap Farid Nyak Umar.

Kemudian yang terpenting, kata Farid Nyak Umar, seorang guru bukan hanya bertugas melakukan transfer ilmu pengetahuan. “Tapi yang terpenting adalah juga memiliki tanggungjawab melakukan transfer nilai-nilai regilius, budi pekerti dan yang paling penting adalah mentransfer kesalehan kepada anak anak kita,” lanjutnya.

Dia menambahkan, seorang bukan hanya melakukan transfer pengetahuan tapi bagaimana seorang guru juga harus mampu mengatur dan mengajarkan anak didik tentang kesalehan. "Artinya, seorang guru dituntut harus mampu mewariskan prilaku yang berahklak mulia sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah Saw," sebut Farid Nyak Umar.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru