Prof Muchlisin Terpilih Lagi Sebagai Dekan FKP USK

Habadaily | Pendidikan - December 31, 2021 - 19:32
Prof Dr Muchlisin ZA SPi MSc.

Prof Dr Muchlisin ZA SPi MSc kembali terpilih sebagai Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala untuk periode 2022–2026. Keputusan tersebut disampaikan oleh Ketua Senat FKP USK Dedi Fazriansyah Putra SStPi MSc dalam berita acara Rapat Senat FKP USK di Ruang Rapat Gedung FKP Lantai II, Jumat (31 Desember 2021).

Dedi Fazriansyah menjelaskan, Senat FKP memutuskan Prof Muchlisin menjadii Dekan FKP selanjutnya, sebab dirinya adalah calon tunggal dalam pemilihan dekan kali ini. Keputusan tersebut berdasarkan Peraturan Rektor USK No: 3 Tahun 2020 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Dekan dan Wakil Dekan Fakultas, Direktur dan Wakil Direktur dalam Lingkungan USK pasal 11 ayat (2) huruf (h).

“Keputusan tersebut menyebutkan, apabila calon dekan hanya satu orang, maka senat menetapkan calon dekan tersebut sebagai dekan terpilih,” ucapnya.

Seusai pemilihan, Prof Muchlisin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk kembali memimpin FKP. Menurutnya, kepercayaan ini terasa istimewa karena berdasarkan musyawarah dan mufakat.

“Alhamdulillah, terima kasih atas dukungannya. Kita siap secara bersama untuk melanjutkan program yang baik-baik, dan memperbaiki apa yang masih kurang, demi kemajuan fakultas ini,” ucapnya.

Pada periode yang kedua ini, Prof Muchlisin mengungkapkan, salah satu yang menjadi fokus dirinya adalah upaya penambahan program studi baru. Mengingat saat ini FKP merupakan fakultas yang memiliki mahasiswa paling sedikit di USK.

“Kita berharap ada penambahan 3 Prodi S1 dan 2 Prodi S2.  Jadi, dalam jangka lima tahun ke depan, FKP tidak lagi menjadi fakultas yang mahasiswanya sedikit. Minimal  2000 – 2500  orang,” ucapnya.

Saat ini prodi-prodi baru tersebut sedang dalam proses. Rencananya, lima prodi baru tersebut adalah prodi S1 Ilmu Perkapalan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, dan Manajemen Sumber Daya Perikanan. Sementara untuk Prodi S2 nya adalah Ilmu Kelautan dan Ilmu Perikanan.

Rektor USK Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng IPU ASEAN Eng yang turut hadir dalam pemilihan Dekan ini mengucapkan selamat kepada Dekan FKP terpilih tersebut. Rektor menilai, FKP memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya mendorong industri perikanan khususnya di Aceh maupun nasional. Apalagi, Aceh memiliki potensi perikanan dan kelautan yang sangat besar.

“Potensi kelautan dan perikanan ini, jika dikelola dengan baik dapat menjadi solusi atas tingginya angka kemiskinan Aceh saat ini. Nah, di sinilah peran FKP untuk melahirkan SDM yang unggul di bidang itu,” ucap Rektor.

Untuk diketahui, pada Oktober lalu Prof. Muchlisin berhasil masuk dalam daftar saintis terbaik dunia, versi  salah satu penerbit jurnal ilmiah terbesar dunia Elsevier B.V. Selain itu, ia juga merupakan Guru Besar dalam bidang perikanan di USK.  Serta saat ini ia juga merupakan President Asian Society of Ichthyologist (Persatuan ahli ikan Asia).[]

Share: