Tiga Prodi di USK Raih QA Award

Habadaily | Pendidikan - December 9, 2021 - 18:58
Penyerahan penghargaan Quality Assurance (QA) Award Tahun 2021 kepada 3 Program Studi terbaik di lingkungan Universitas Syiah Kuala (USK).
HABADAILY.COM | 

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) mengumumkan dan menyerahkan penghargaan Quality Assurance (QA) Award Tahun 2021 kepada 3 Program Studi terbaik di lingkungan Universitas Syiah Kuala (USK). Kegiatan tersebut berlangsung di Ruang VIP AAC USK, Rabu (8 Desember 2021).

"Penyerahan penghargaan QA Award tahun 2021 ini dilakukan dengan maksud memberikan apresiasi, dan penghargaan kepada Jurusan dan atau Program Studi di lingkungan USK yang telah berprestasi," kata Ketua Pelaksana, Dr Ir M Aman Yaman MAgric Sc.

Prestasi yang dimaksud  adalah melaksanakan kegiatan peningkatan dan pelaksanaan budaya mutu di tingkat jurusan atau prodi terutama dalam implementasi kurikulum KKNI-MBKM, sesuai dengan perkembangan pendidikan abad 21 dan SN-Dikti serta berbasis capaian pembelajaran, dan juga diseleksi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Kegiatan yang dinaungi oleh Pusat Pengembangan dan Inovasi Sistem Manajemen Penjaminan Mutu (PPISMM) LP3M ini melakukan penilaian QA Award berdasarkan kriteria capaian peringkat akreditasi, komitmen terhadap Audit Mutu Internal (AMI), perolehan Hibah Perguruan Tinggi, keaktifan program studi, dan mahasiswa dalam kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Ketiga program studi nominasi pemenang QA Award tersebut yaitu (1) Program Studi Pendidikan Dokter Hewan yang diterima oleh Dr. drh. Teuku Zahrial Helmi, M.Sc,  (2) Program Studi Ilmu Kelautan yang diterima oleh Sofyatuddin Karina, M.Sc, dan (3) Program Studi Ilmu Hukum yang diterima oleh Dr. Muazzin, S.H, M.H. Masing-masing Ketua Program Studi penerima QA Award mempresentasikan tentang strategi peningkatan mutu dan capaian prestasi mutu yang diperoleh selama 3 tahun terakhir.

"Saya mengucapkan selamat kepada tiga prodi atas raihan QA Award tahun 2021. Ini bentuk apresiasi USK untuk prodi yang serius berbenah. Selain itu, ini menjadi bukti bahwa USK selalu berkomitmen menjaga mutu," tutur Wakil Rektor II, Dr. Ir. Agussabti, M.Si dalam sambutannya.

Lebih jauh, untuk nominal hadiah yang diberikan, WR II mengatakan jangan dilihat dari jumlah, tapi bisa dimaknai sebagai bentuk kepedulian. Ia berjanji, pada QA tahun 2022 akan ada peningkatan jumlah hadiah. Meskipun tidak menjanjikan banyak, tapi ia memastikan adanya peningkatan. Ke depan, prodi yang lain harus lebih baik lagi.

"Seluruh Prodi di USK punya tanggungjawab yang sama, menjaga kualitas mutu. Tidak hanya pendidikannya saja, tetapi juga pelayanan bagi masyarakat," pungkas Dr Agussabti.

Turut hadir dalam acara penyerahan QA Award Ketua LP3M, Prof. Dr. Adlim, M.Sc, Sekretaris LP3M, Prof. Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng, para Dekan Fakultas dari Program Studi penerima QA Award, Ketua Program Studi penerima QA Award, para Ketua Pusat dan anggota pusat LP3M, serta para undangan.[]

Share: