Mengelola Lingkungan Rumah yang Sehat untuk Kesehatan Keluarga

Habadaily | Opini - November 6, 2021 - 22:27
Gidul Suliawati, SST , Mahasiswi Pascasarjana Magister Kesehatan Masyarakat (MKM), Fakultas Kedokteran Unsyiah (USK).
HABADAILY.COM | 

My home is my castle (rumahku adalah istanaku), begitulah ungkapan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, menggambarkan betapapun sederhananya sebuah rumah yang kita tempati, namun bagi si pemilik serasa istana baginya.

Keberadaan sebuah rumah selain sebagai tempat tinggal, juga menjadi simbol terhadap kepribadian penghuninya. Jika rumah memiliki tempat yang bersih dan nyaman, seolah keadaan tersebut telah mewakili representatif kepribadian penghuninya.

Ketika kita melihat rumah yang memiliki pekarangan yang bersih dan didalamnya memiliki tata ruang yang teratur, seolah telah memberikan kesan yang baik juga bagi si pemiliknya.

Adapun demikian saat kita jumpai kondisi rumah dengan tata ruang yang semrawut, ditambah lagi penampakan halamannya yang kotor, membuat pikiran kita akan menyimpulkan, bahwa ada masalah pada penghuninya.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kita mulai mencoba memodifikasi lingkungan dan tata ruang rumah kita dengan indah dan nyaman sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Agar terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat di rumah kita, mari kita memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Pengelolaan Sampah
Pengelolaan sampah sangat penting dilakukan, selain untuk kebersihan di lingkungan rumah, juga akan terhindar dari berbagai penyakit. Karena dengan adanya tumpukan sampah akan menjadi media bagi vektor pembawa kuman, bakteri dan virus. Secara umum sampah dikategorikan menjadi dua jenis yaitu, sampah organik dan anorganik, agar sampah tersebut dapat dikelola dengan baik maka harus kita sediakan tempat sampah yang terpisah yaitu antara sampah organik dan anorganik.

Ketersediaan tempat sampah akan memudahkan para pekerja dari dinas terkait untuk mengangkut sampah domestik rumah tangga untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Selanjutnya sampah akan disortir dan di daur ulang kembali sesuai dengan jenis dan kegunaannya.

Menyediakan Taman Gizi
Saat kita melihat pekarangan sebuah rumah yang tidak memiliki tanaman tumpang sari dan tumbuhan obat-obatan. Berasa ada yang kurang pada sisi rumah tersebut, sudah selayaknya tiap rumah perlu menyisakan sedikit halamannya untuk tanaman obat-obatan.

Tidak perlu halaman yang luas cukup beberapa meter saja menyesuaikan dengan kondisi luas halaman. Adapun tanaman yang memiliki khasiat obat dapat berupa, daun serai, kumis kucing, sirih, jahe, lengkuas, kunyit, lidah buaya, dan lain lain.

Tidak perlu ditanam dalam jumlah banyak, secukupnya saja, paling tidak saat dibutuhkan tersedia untuk anggota keluarga. Pemanfaatan taman gizi keluarga belum menjadi prioritas masyarakat kita, padahal keberadaannya sangat dibutuhkan.

Tata Ruang Ramah Anak
Tata ruang rumah terkadang kita sering mengabaikan kebutuhan yang sesuai dengan anak. Biasanya cenderung mendesain sesuai dengan selera suami/istri, sehingga kebanyakan rumah jarang kita jumpai ruangan yang ramah anak.

Adapun yang dimaksud dengan ruang ramah anak adalah tersedianya tempat yang sesuai dengan kebutuhan anak. Seperti terdapatnya tempat permainan anak, tidak perlu mewah, tapi memiliki efek manfaat yang luar biasa bagi anak.

Selain itu kamar tidur dan toilet anak juga perlu didesain dengan suasana ramah anak, seperti menempatkan gambar dari tokoh kartun yang digemari oleh sang anak, baik berupa doraemon, spiderman, maupun hello kitty untuk anak perempuan.

Secara psikologis, perasaan anak akan merasa lebih tenang dengan desain ruangan yang sesuai dengan usianya. Ketersediaan ruang yang ramah anak juga akan membantu minat belajar dan kreativitas mereka.

Penempatan Aksesoris Rumah
Untuk mempercantik rumah, juga perlu dipermanis dengan aksesoris yang mendukung suasana rumah menjadi lebih indah. Seperti menempatkan rak kecil di dinding yang bisa isi dengan foto keluarga, gantungan kunci dan bunga imitasi yang kecil.

Tidak cukup hanya sampai disitu, kita juga perlu mendesain box tv yang lebih elegan dan tampil keren menyesuaikan dengan ukuran ruangan nonton. Pemilihan warna juga bisa dipadu padankan dengan warna dinding dan warna tv.

Ada lagi yang akan membuat rumah menjadi semakin tampil indah, dengan penempatan buffet untuk diisi dengan berbagai peralatan rumah tangga. Terutama yang berhubungan alat masak, itu bisa langsung di buat yang suitable dengan dapur menyesuaikan dengan jumlah perkakas yang dimiliki.Peralatan tidak perlu mahal namun jika tertata dengan rapi semua akan menjadi lebih indah.

Taman Bunga Minimalis
Bagi anda yang punya hobi menjadi kolektor bunga, saatnya memikirkan penempatan pot dan rak yang minimalis dan indah. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa akhir-akhir ini ibu-ibu sedang menggandrungi bunga keladi (Caladium) yang memiliki corak warna indah dan unik-unik.

Tentunya kondisi tersebut tidak bisa dilewatkan begitu saja, perlu penempatan bunga dengan rak minimalis. Untuk kali ini barangkali kita memilih rak yang berwarna putih dan pot bunga juga berwarna putih dengan beraneka ragam bentuknya.

Bagi penulis keberadaan pot bunga yang kekinian sangat indah dipandang mata, apalagi kalau sudah bertengger bunga keladi yang lagi digandrungi kaum hawa.

Jangankan kaum hawa, barangkali kaum bapak-bapak juga menyukainya. Semacam ada perasaan yang damai ketika kita melihat bunga-bunga keladi dan aneka bunga lainnya yang tertata dengan rapi.

Nah tunggu apa lagi, sudah saatnya kita bergerak untuk mendesain dan modifikasi rumah kita agar bersih dan nyaman dengan peralatan yang sederhana, dengan pemandangan tata ruang, taman bermain anak, taman gizi, dan kebun bunga yang memanjakan mata. Melalui tulisan ini penulis ingin mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan,karena kebersihan lingkungan rumah menentukan kualitas kesehatan keluarga kita.

Penulis : Gidul Suliawati,SST
Mahasiswi Pascasarjana Magister Kesehatan Masyarakat (MKM)
Fakultas Kedokteran Unsyiah (USK)

Share: