Banda Aceh Raih 9 Penghargaan di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

July 22, 2019 - 19:22
Sejumlah penghargaan diterima Pemko Banda Aceh dalam rangka peringatan HLHS 2019.
1 dari 3 halaman

HABADAILY.COM—Pemerintah Aceh menyerahkan penghargaan kepada pemerintah kabupaten/kota yang dinilai telah berhasil menjalankan kegiatan pengelolaan lingkungan. Penghargaan ini diberikan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) 2019 di halaman Kantor Gubernur Aceh, Senin (22/7/2019).

Kali ini, Banda Aceh meraih sembilan penghargaan bergengsi pada ajang tahunan tersebut. Tiga di antaranya Kota Sehat/Adipura Tingkat Provinsi Aceh 2019, Nirwasita Tantra Award; Information on Regional Environmental Management Performance (IKPLHD) terbaik, dan Duta Lingkungan Aceh 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Plt Gubernur Aceh yang diwakili oleh Asisten I Setda Aceh M Jafar secara berturut-turut kepada Asisten Pemerintahan, Keistimewaan, dan Kesra Setdako Banda Aceh Faisal, Sekretaris DLHK3 Banda Aceh Mirzayanto, dan Putri Duta Lingkungan Aceh 2019 Meuthia Fathiya Erlison.

Usai menerima penghargaan, Asisten Faisal menjelaskan, "Nirwasita Tantra Award” diterbitkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. "Untuk juara satu diraih oleh provinsi, kita juara dua yang berarti terbaik dari 23 kabupaten/kota lainnya," ujarnya di balai kota.

"Sementara penghargaan Kota Sehat/Adipura Tingkat Provinsi Aceh 2019 diharapkan dapat menjadi pelecut semangat kita untuk meraih Piala Adipura dari pusat tahun ini. Apalagi Pak Wali sudah sangat berkomitmen untuk membawa pulang penghargaan tertinggi di bidang lingkungan itu," ujarnya lagi.

Dan pada pemilihan Duta Lingkungan Aceh 2019 yang digelar di Taman Sari, Minggu (21/7) kemarin, sambungnya, Banda Aceh juga berhasil menempatkan dua wakilnya sebagai pemenang. "Untuk putri kita meraih juara pertama, dan putranya juara favorit. Mereka ini nantinya kita harapkan dapat menjadi kader lingkungan di tengah-tengah masyarakat, sembari mensosialisasikan program-program pemerintah terkait lingkungan," pungkasnya.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.