Berantas Riba, Pj Bupati Aceh Besar Ajak Ulama

June 7, 2023 - 21:52
Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto. FOTO Net
1 dari 2 halaman

HABADAILY.COM - Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto berharap dan mengajak para ulama untuk bersinergi dalam memberantas riba.

"Ulama dan umara memiliki peran penting dalam memberantas riba, karena riba merupakan salah satu larangan bagi umat muslim. "Memberantas riba harus berkolaborasi antara Ulama dan Umara," kata Pj Iswanto, saat membuka Pendidikan Kader Ulama (PKU) yang dilaksanakan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Besar, di Aula Dewan Kesenian Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Besar, Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Senin (5/6/2023) lalu.

Kata Iswanto, ada para pedagang yang terbelit dalam riba karena kebutuhan pembiayaan usaha dan modal, untuk itu pemerintah juga akan terus berupaya dengan pihak lain dalam pembiayaan, disamping peran ulama untuk terus memberikan edukasi dan sosialisasi bahayanya riba melalui mimbar dan ceramah agama.

"Tingkatkan usaha pembinaan keagamaan bagi para pedagang untuk menjauhkan diri dari riba, melalui mimbar, ulama bisa memberikan edukasi kepada masyarakat terkait larangan riba," katanya.

Iswanto juga berharap penguatan dalam penegakan syariat Islam harus terus dilaksanakan secara bersinergi antara lintas sektor serta lembaga terkait.

"Upaya pencegahan maksiat dan saling mengingatkan melalui sosialisasi harus terus digalakkan dalam mewujudkan penegakan Syariat Islam," ujarnya.

© 2024 PT Haba Inter Media | All rights reserved.