Great Wall Tank 100, Kloningan Suzuki Jimny Ala China

Habadaily | Otomotif - January 20, 2022 - 19:09
Kloningan Suzuki Jimny dari China, Great Wall Tank 100.
HABADAILY.COM | 

Beberapa perusahaan otomotif di China dikenal gemar melakukan kloning atau membuat tiruan produk otomotif yang sudah populer. Nah, baru-baru ini salah satu merek besar di China, Great Wall, membuat small SUV yang bentuknya mirip sekali dengan Suzuki Jimny.

Dikutip dari Cartoq, small SUV tiruan Suzuki Jimny itu dinamakan sebagai Great Wall Tank 100. Mobil ini terang-terangan meniru desain Jimny generasi keempat yang punya ciri khas desain mengotak alias boxy. Tak hanya tampilan bodinya, desain pilar kacanya pun sangat mirip.

Agar tidak terlalu mirip dengan Jimny, Great Wall sedikit mengubah bagian grille-nya dengan mengadopsi bentuk horisontal. Lampunya tetap memakai model bulat, tapi ditambahkan semacam garis DRL LED yang mengiris kedua lampu utama tersebut. Ini mirip seperti fascia Ford Bronco.

Selebihnya, desain Great Wall Tank 100 ini betul-betul seperti copy paste-nya Suzuki Jimny. Desain bumper depan, foglamp (lampu kabut), desain velg, bumper belakang, kaca spion, gagang pintu, termasuk over fender sangat mirip, hampir tidak ada perbedaan.

Sedikit perbedaan di bagian belakang ada di layout lampu remnya, di mana Jimny meletakkan lampu rem agak ke bawah, menempel di bumper dengan posisi horisontal. Sedangkan Great Wall Tank 100, lampu remnya dinaikkan ke atas menempel dengan pintu belakang dan posisinya vertikal.

Tank 100 kabarnya akan tersedia dengan pilihan tiga pintu dan lima pintu. Keduanya memiliki panjang dan jarak sumbu roda yang identik. Belum tahu seperti apakah mesin yang akan digunakan, tapi prediksinya akan mengusung mesin turbo-bensin 2.0 liter 4 silinder yang mirip mesin Tank 300.

Untuk diketahui, produsen mobil di China memang kerap terang-terangan membuat produk jiplakan. Sebelum Great Wall Tank 100 meniru Jimny, sudah terdapat beberapa merek kondang dikloning, seperti Range Rover Evoque, Porsche Cayenne, hingga Mini Cooper.[]

Sumber: Detik.Com

Share: