DATA BMKG 15 Juni 2021

Basket Fishing Wisata yang Diminati Turis Mancanegara

Basket Fishing Wisata yang Diminati Turis Mancanegara

Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'aduddin Djamal memperlihatkan hasil tangkapan saat menjajal wisata basket fishing di Ulee Lheue | Foto: A H Firsawan/Habadaily.com

HABADAILY.COM - Wisata Basket Fishing yang dikelola nelayan Kecamatan Meuraxa, Kota Banda Aceh, ramai diminati wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisata basket fishing menyediakan beberapa paket wisata, diantaranya memancing di laut lepas, snorkling, dan berkeliling ke pulau seperti pulau Aceh dan Sabang.

Panglima Laot Meuraxa, Syafaat mengatakan, sejak pertama dibuka wisata tersebut pada 2015 lalu, selain wisatawan lokal, wisatawan yang menikmati basket fishing berasal dari Singapura, Malaysia, dan Jepang.

"Pengunjung rame Sabtu-Minggu aja. Untuk ambil wisata basket fishing satu orang bayar Rp. 50 ribu, satu boat itu bisa muat delapan orang," kata Syafaat, Rabu (10/02/2016) sore.

Syafaat berujar, Wisatawan juga bisa mengambil kepiting atau lobster yang masuk dalam keramba yang sudah ditaruh pengelola wisata basket fishing pada malam hari. Saat wisatawan mengangkat keramba yang telah dipasang dan jika didalamnya ada lobster, wisatawan boleh membawa pulang.

Saat ini, ada 15 boat yang tersedia untuk wisata tersebut. Namun, kata Syafaat, jumlah tersebut belum mencukupi, karena ketika jumlah wisatawan melonjak, ada wisatawan yang tidak mendapatkan boat.

"Jadi kami harapkan ada dua boat lagi untuk basket fishing. Selama ini memang yang banyak peminat itu paket yang mancing di laut lepas," kata Syafaat.

Sebelumnya, nelayan di kecamatan tersebut dibawa ke Kota Higashimatsushima untuk belajar mengelola wisata bahari. Pemerintah Kota Banda Aceh dan Higashimatsushima sendiri mempunyai program kerjasama, salah satunya wisata basket fishing.

Seperti diketahui disaat yang sama Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Djamal menjajal wisata nelayan di kawasan Ulee Lheu, Banda Aceh bersama perwakilan dari HOPE Jepang dan para staf Peerintah Kota Banda Aceh. [din]

Baca : Illiza Jajal Wisata 'Basket Fishing' di Ulee Lheu

Komentar
Terbaru