DATA BMKG 15 September 2019
Jelajah Wisata Aceh

Keindahan Terumbu Karang dan Penyu Hijau Menambah Eksotisme Pulau Banyak

Keindahan Terumbu Karang dan Penyu Hijau Menambah Eksotisme Pulau Banyak

Keindahan Terumbu Karang dan Penyu Hijau Menambah Eksotisme Pulau Banyak |FOTO:HABADAILY.COM/DISBUDAPAR ACEH

HABADAILY.COM - Berkunjung ke Pulau Banyak di Aceh Singkil, gugusan pulau-pulau seluas 27,196 hektare yang berbatasan dengan Samudera Hindia siap menyambut wisatawan dengan panorama alam yang memanjakan mata.

Keindahan Terumbu Karang dan Penyu Hijau Menambah Eksotisme Pulau Banyak |FOTO:HABADAILY.COM/DISBUDAPAR ACEH

Aceh Singkil memang menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Di sana terdapat 99 pulau kecil-kecil di kawasan yang dinamai Pulau Banyak. Pulau ini menyimpan terumbu karang menakjubkan dan menjadi rumah bagi ekosistem penyu hijau.

Untuk memperkenalkan keindahan pulau ini ke masyarakat internasional, pada Juli lalu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh bekerjasama dengan Pemkab Aceh Singkil menggelar ‘Pulau Banyak International Festival 2019’. Event ini menjadi salah satu top event dalam Calendar of Events (CoE) Pariwisata Aceh.

Berlangsung pada 23-27 Juli  2019 dan dipusatkan di Pulau Balai, Pulau Banyak, Pulau Banyak International Festival menampilkan sembilan rang- kaian kegiatan: Festival Seni Budaya, Lomba Foto, Fun Surfing, Camping Pulau, Festival Kuliner, Fun Walk, Travel Famtrip, Pelatihan Pemandu Wisata, dan Gather- ing Pesona Indonesia.

Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin berharap, event wisata Pulau Banyak In- ternational Festival 2019 akan menjadi salah satu event tetap Aceh yang men- yuguhkan, tidak hanya hiburan, keunikan dan pesona budaya daerah, tapi juga pesona baharinya yang menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. “Dengan terselenggaranya event tersebut, semoga kunjungan wisatawan ke sana semakin meningkat,” harapnya.

PUPUS LELAH SEKETIKA

Untuk sampai di Pulau Banyak memang butuh perjalanan panjang dan melelahkan. Bila berangkat dari Ban- da Aceh melalui perjalanan darat, bisa memakai waktu hingga 20 jam. Namun, kelelahan seketika sirna ketika melon- gok keindahan alam yang disuguhkan gugusan pulau-pulau kecil di sana. Terlebih saat menyelam di sela-sela ter- umbu karang yang menakjubkan, serta pasir putih yang manjadi arena bekem- bangbiaknya ekositem penyu hijau.

Sebelum sampai di sana, wisatawan harus singgah di Kota Singkil yang dapat ditempuh dari Banda Aceh dalam waktu 15 hingga 16 jam. Tapi, jika bergerak dari Medan, jarak tempuhnya lebih singkat yaitu sekira tujuh jam.

Dari Kota Singkil, pengunjung menyambung lagi menuju pelabuhan penyeberangan. Ada beberapa pilihan transportasi untuk ke Pulau Banyak. Menggunakan kapal ferry atau kapal kayu dengan lama perjalanan tiga hing- ga empat jam.

Bila ingin mempercepat durasi penyeberangan, pun tersedia alat trans- portasi cepat dan privacy. Wisatawan dapat menyewa speedboat dengan harga sekitar Rp 1,8 juta yang hanya membu- tuhkan waktu tempuh satu atau dua jam.

Kelebihannya, pengunjung yang menggunakan speedboat dapat langsung menuju ke pulau-pulau yang ingin dijelajahi. Sedangkan kapal kayu atau feri, hanya sampai ke Pulau Balai di Kecamatan Pulau Banyak.

Meski begitu, dari Pulau Balai juga dapat menjelajah pulau-pulau kecil dengan menyewa boat nelayan yang ter- sedia di pelabuhan. Harganya tergantung ukuran boat dan bisa dinego.

Dari sekian banyak pulau kecil, ada dua pulau yang sudah dikembangkan dan punya resort yaitu Pulau Palambak dan Pulau Panjang. Jarak antar kedua pulau ini sekitar satu jam penyeberan- gan. Di Pulau Panjang, pengunjung dapat mandi di laut, naik banana boat atau sekadar berendam di air yang jernih dan pasir putih yang menawan.

Sementara Pulau Palambak terkesan sepi namun sangat menakjubkan. Ham- paran pasir putih membentang sejauh mata memandang dengan pepohonan kelapa yang tumbuh rapi di sisi pantai.

Keindahan serupa juga tersaji di pulau-pulau kecil lainnya. Pastinya, setiap traveler ingin berlama-lama saat mengunjungi gugusan pulau-pulau di Kabupaten Aceh Singkil ini.


Berita Ini sudah Tanyang di HD Indonesia Edisi : 02 (19-31 AGUSTUS 2019)

Komentar
Baca Juga
Terbaru