DATA BMKG 15 September 2019
Jelajah Wisata Aceh

Jelajahi Pulau Fantasi Ujung Barat Nusantara

Jelajahi Pulau Fantasi Ujung Barat Nusantara

Jelajahi Pulau Fantasi Ujung Barat Nusantara (Pulau Aceh ) |FOTO:HABADAILY.COM/DISBUDPAR ACEH

HABADAILY.COM - Berkunjung ke Pulo Aceh, para traveler serasa berada di pulau fantasi yang dikemas dalam film- film Hollywood. Pesona pantainya melebih keindahan Maya Bay dalam film The Beach. Sementara eksotisme alamnya mengalahi pulau fantasi dalam film Nim’s Island atau Pulau Themyscira di film Wonder Woman.

Jelajahi Pulau Fantasi Ujung Barat Nusantara (Pulau Aceh ) |FOTO:HABADAILY.COM/DISBUDPAR ACEH

Pernah menonton The Beach, film thriller Hollywood yang dibintan- gi Leonardo DiCaprio dan Virginie Ledoyen? Film yang disutradarai Danny Boyle dan dirilis pada 2000 ini menyuguhkan keindahan pantai Maya Bay di Pulau Koh Phi Phi Leh, Thailand.

Jelajahi Pulau Fantasi Ujung Barat Nusantara (Pulau Aceh ) |FOTO:HABADAILY.COM/DISBUDPAR ACEH

Kekaguman pada Maya Bay langsung sirna saat traveler menginjakkan kaki di Pulo Aceh, kepulauan terluar di Kabupat- en Aceh Besar. Pulau paling ujung Indonesia ini menyajikan pasir putih berkilau dan tebaran batu karang yang memancarkan keindahan tiada tara. Deretan pohon kelapa dan cemara laut yang mengelilingi pantai, menjadikan pesona alam Pulo Aceh serupa alam fantasi.
Gugusan pulau-pulau kecil yang
 
mengapitnya, melengkapi kesan ekso- tisme Pulo Aceh. Sebagai sebuah keca- matan di Aceh Besar, kawasan Pulo Aceh membentangi Pulo Breuh dan Pulo Nasi yang dihuni para penduduk lokal.

Kepulauan yang diapit perairan Samudera Hindia ini juga memayungi pulau-pulau kecil yang tidak berpeng- huni, seperti Pulo Teunom, Pulo Jroeng, Pulo Teungkurak, Pulo Bunta, Pulo Tuan Diapit, Pulo U, Pulo Sidom, Pulo Geupon, dan Pulo Lhee Blah.

Menjelajahi alam perawan pulau-pu- lau kecil tersebut, barangkali pikiran para traveler langsung tertuju pada keperawanan pulau fantasi di film Nim’s Island yang dibintangi Jodie Foster, Gerard Butler, dan Abigail Breslin. Dengan daratan yang masih asri dan pesona lautnya yang menawarkan beragam keindahan biota laut, berwisata Pulo Aceh.

ke Pulo Aceh juga terasa mengunjungi Pulau Themyscira yang dihuni Kaum Amazone dalam ‘Wonder Woman’. Film fantasi besutan sutradara wanita Patty Jenkins ini dibintangi Gal Gadot dan Chris Pine.

Selain menawarkan keindahan alam dan biota laut, Pulo Aceh juga menyim- pan Menara Mercusuar bersejarah Wil- liam Torrent peninggalan Belanda yang tingginya 85 meter. Dari atas menara ini, para traveler bisa melihat seluruh Pulo Aceh dan kapal-kapal yang melintas di perairan Aceh.

Tak kalah menariknya juga, terdapat penangkaran penyu di pantai Seurapong Pulo Breuh. Lokasi ini menawarkan sensasi tersendiri bagi traveler untuk berselfie-ria.
 
RUTE TEMPUH

Untuk sampai Pulo Aceh, para trav- eler harus menempuh perjalanan laut ke Pulo Breuh atau Pulo Nasi. Namun, bertolak ke dua pulau yang berpenghuni tersebut harus ditempuh dari lokasi terpisah.

Jika berangkat dari Banda Aceh, untuk menyeberang ke Pulo Nasi, para traveler dapat menggunakan kapal nelayan yang biasa mengangkut warga serta berbagai kebutuhan masyarakat kepulauan itu. Biasanya, kapal nelayan tujuan Pulo Nasi bersandar di dekat jembatan masuk Pelabuhan Ulee Lheue dan para traveler dapat menunggu di sana.

Selain itu, juga dapat ditempuh dengan menggunakan KM Papuyu yang berangkat dari Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh tujuan Pulo Nasi. Pastinya, baik menggunakan kapal nelayan atau KM Papuyu, para traveler dapat mera- sakan sensasi luar biasa di sepanjang perjalanan laut.

Sementara bagi traveler yang ingin berlabuh di Pulo Breuh, dapat menaiki kapal nelayan yang bersandar di dekat TPI Lampulo, Banda Aceh. Di lintasan ke pelabuhan perikanan tersebut, tersedia lokasi pendaratan kapal khusus yang setiap hari pulang-pergi ke Pulau Breuh.

Sampai di Pulo Aceh, tidak ada jalur transportasi darat yang menghubungkan antar pulau meski jaraknya berdekatan. Jika traveler yang mendarat di Pulo Nasi ingin ke Pulo Breueh, begitupun sebali- knya, maka harus menyewa boat nelayan untuk menyeberanginya. Para traveler juga bisa menyewa boat nelayan untuk menjejal pulau-pulau kecil lainnya di gugusan Pulo Aceh.

Pastinya, menjelajahi pulau-pulau tersebut, para traveler merasakan sen- sasi berpetualang di pulau sensasi yang ditawarkan film-film trailer Hollywood. Ingin mencobanya?


Sumber - Disbudpar Aceh

Komentar
Baca Juga
Terbaru