DATA BMKG 15 September 2019

Ini Tempat Makan Enak di Banda Aceh Versi Netizen

Ini Tempat Makan Enak di Banda Aceh Versi Netizen

HABADAILY.COM—Kaesang minta rekomendasi tempat makan di Aceh. Tapi netizen justru menanggapinya dengan candaan. Ada tempat makan enak apa saja di Aceh?

Cuitan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini di akun twitter @kaesangp kembali diserbu netizen. 'Butuh Rekomendasi Makanan di Aceh', demikian tweet yang diunggahnya, Kamis (14/3). Kicauannya ditulis dalam huruf besar seperti kebiasaannya belakangan ini.

Netizen berlomba-lomba memberikan reskomendasi makanan enak di Aceh. Sayangnya, kebanyakan dari mereka justru memberikan rekomendasi yang membuat gelak tawa. Bagaimana tidak? Ada yang memberi rekomendasi nasi padang, mie goreng Aceh topping nugget pisang, tumis ganja, tekwan hingga indomie goreng Aceh.

Tetapi ada beberapa netizen yang memberikan rekomendasi tempat makan di Banda Aceh dengan benar. Nah, bagi Anda yang penasaran, jika ke Banda Aceh, 5 tempat makan ini wajib disinggahi.

1. RM Adytia Jaya (Ayam Pramugari)

Rumah makan legendaris ini letaknya di sisi komplek Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Blang Bintang, Aceh Besar. Nama RM Adytia Jaya justru lebih dikenal dengan nama 'Ayam Pramugari'.

Ayam pramugari sebenarnya mirip dengan ayam tangkap. Ayam kampung yang sudah diungkep dan digoreng kemudian diberi potongan daun pandan, temurui, dan jeruk.

Karena paha ayam yang digunakan berukuran lebih panjang, maka tercetuslah nama 'ayam pramugari'. Rumah makan yang sudah ada sejak tahun 70-an itu tak pernah sepi pengunjung.

2. Mie Razali

Sesuai namanya, rumah makan yang sudah ada sejak tahun 1967 ini dirintis oleh pria bernama Razali. Lokasinya berada di kawasan Peunayong, Banda Aceh.

Karenanya Mie Razali disebut sebagai pelopor mie Aceh. Mie yang digunakan merupakan mie hokkian. Ada tiga pilihan mie di sini, yakni mie rebus, mie goreng basah, dan mie goreng tanpa kuah. Isiannya bisa daging sapi, udang, cumi hingga ayam atau kepiting. Bumbu kemerahan mengkilap sedikit cokelat serta aroma segar cabai dan rempahnya dijamin bangkitkan selera.

3. Sate Matang D'Wan

Namanya didasari oleh lokasi asalnya yang berada di Kota Matangglumpangdua, Kabupaten Bireuen. Proses pengolahan Sate Matang hampir sama dengan pengolahan sate pada umumnya.

Hanya saja sebelum dibakar, potongan daging-daging yang belum ditusuk dibambui terlebih dulu. Potongan daging sapi atau kambing diletakkan di dalam wadah berisi bumbu. Itu dilakukan agar bumbu lebih meresap ke daging. Rempah yang digunakan juga lebih banyak.

Enaknya lagi, Sate Matang tidak hanya disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap, namun juga disajikan dengan nasi dan kuah soto yang rasanya seperti kari. Nyam!

4. RM Bu Sie Itek Bireuen

Sie itek secara harfiah memiliki arti tumis daging bebek. Hampir semua keude bu (kedai nasi) di Aceh menyajikan masakan favorit ini.

Sajian ini berisi bebek dengan paduan kuah kari. Aroma serta rasa lezatnya berasal dari rempah serta daun temurui atau daun kari serta daun pandan yang diikat pada tiap potong bebek yang dimasak.

Nah, rumah makan Sie Itek Bireuen yang berada di Jalan Teuku Umar No.275 Banda Aceh jadi salah satu tempat santap itek bireuen favorit.

5. Banda Seafood

Banyak warga Aceh yang menyebut rumah makan ini sebagai restoran seafood terenak di Banda Aceh. Banda Seafood menyajikan ragam olahan seafood. Pilihannya ada kepiting, udang, ikan hingga cumi. Kabarnya restoran seafood ini sudah pindah ke Jl T Hamzah Bendahara, kawasan Simpang Lima, Banda Aceh.[dtc/*]

 

 

Komentar
Baca Juga
Terbaru