Makam Ini Berada Ditengah Laut, Tapi Tidak Pernah Tenggelam

Redaksi - habadaily
10 Jan 2019, 22:07 WIB
Makam Ini Berada Ditengah Laut, Tapi Tidak Pernah Tenggelam Makam Ini Berada Ditengah Laut, Tapi Tidak Pernah Tenggelam |NET

HABADAILY.COM - Sebuah makam yang terletak ditengah laut walau air laut pasang tapi tidak pernah tenggelam. makam tersebut milik KH Abdullah Mudzakir, atau biasa disebut Mbah Mudzakir, di kalangan pesantren sudah cukup dikenal. Kini makam yang berada di abupaten Demak,Jawa Tengah tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk melakukan wisata ziarah.

" Ya, tak pernah tenggelam walau air laut pasang atau naik, gelombang tinggi atau banjir besar, Meski berada di tengah laut, makam kiai karismatik itu tak pernah tergenang air pasang," Kata Juru kunci makam Kiai, Fauzan (54) seperti dilansir nahdlatululama.id.

Hal yang sama dikatakan Solekhan(54), warga sekitar yang sedang berziarah ini mengaku “Permukaan makam segitu terus. Kalau air pasang seakan-akan makam Syekh Mudzakir naik,” tutur Solekhan.

Dari situlah sampai saat ini makam Syekh Mudzakir terus dipadati peziarah siang dan malam. Mereka adalah warga sekitar, warga luar kota Demak, dari rakyat biasa, pejabat, atau santri.

Meski berada di tengah laut, sampai saat ini makam itu tak pernah sepi dari peziarah. Biasanya peziarah datang pada Jumat atau saat haul Mbah Muzakir pada bulan Zulkaidah.

Daya tarik wisata ziarah itu tak hanya terlihat dari keunikan makam di tengah laut. Namun perjalanan menuju makam juga merupakan pengalaman menarik dan bisa menjadi salah satu magnet. Dari jalan utama Semarang-Demak, pengunjung terlebih dahulu harus menempuh beberapa kilometer menuju kompleks Pantai Morosari di Dukuh Tambaksari, Desa Bedono, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak.

 

Sumber: Tabloid Cempaka/nahdlatululama.id

Loading...