Belasan Air Terjun Nan Indah Ini Ada di Aceh?

Redaksi - habadaily
30 Des 2018, 15:21 WIB
Belasan Air Terjun Nan Indah Ini Ada di Aceh? Air Terjun Kuta Malaka, Aceh Besar | Afifuddin Acal

HABADAILY.COM - Air terjun memiliki pesona tersendiri yang mampu memikat para wisatawan baik domestik hingga mancanegara. Lokasinya yang berada di pedalaman dengan suguhan keindahan panorama alam menjadi nilai tambah destinasi wisata ini. 

Selain itu, air terjun yang menjadi bagian dari hilir dan hulu sebuah sungai juga menjanjikan kesegaran dan kesejukan bagi wisatawan. Jadi tak mengherankan jika keberadaan air terjun di sebuah lokasi seakan menjadi magnet bagi para manusia.

Di Aceh, terdapat sejumlah air terjun yang kebanyakan masih "perawan". Beberapa air terjun ini bahkan ada yang baru ditemukan dengan kondisi jalan menuju lokasi masih terbilang menantang. Seperti halnya beberapa air terjun berikut ini:

Air Terjun Blang Kolam | Disbudpar Aceh/YouTube

Air Terjun Blang Kolam

Kawasan air terjun ini masih terbilang asri. Hawanya sejuk dan memiliki panorama alam yang indah. Air terjun yang memiliki ketinggian 75 meter ini berada di Gampong Sidomulyo, Nisam Antara, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara.

Ada beberapa fasilitas umum yang tersedia di lokasi Air Terjun Blang Kolam, di antaranya musala dan toilet. Selain itu, para pedagang juga kerap mangkal di lokasi wisata ini sehingga para pengunjung tak perlu khawatir dengan pengganjal perut saat liburan.

Meskipun demikian, para wisatawan juga diperbolehkan memanggang ikan dan makanan lain di lokasi. Namun dengan syarat para pengunjung tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan selama di lokasi tersebut.

Para wisatawan juga tidak perlu khawatir jika kamera dan handphone kehabisan daya saat berkunjung ke Air Terjun Blang Kolam. Pasalnya, di lokasi tersebut sudah tersedia arus listrik.

Informasi yang diterima dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Aceh Utara, lokasi air terjun ini berjarak sekitar 21 Kilometer dari Kota Lhokseumawe. Untuk mencapai lokasi ini, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan mengarah ke Cunda. Di Cunda nantinya bakal ada penunjuk jalan untuk mencapai lokasi tersebut. 

Wisatawan juga dapat menggunakan kendaraan umum seperti labi-labi (angkutan kota) yang dapat ditemukan di terminal labi-labi, di Jalan Pase. Selain itu, pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan roda tiga untuk mencapai lokasi. 

Air Terjun Suhom

Air Terjun Suhom dikenal juga dengan air terjun Lhoong atau Krueng Kala. Air terjun ini berada di Gampong Suhom, Lhoong, Aceh Besar. Air terjun ini memiliki sumber air dari sebuah perbukitan dengan tumpahan airnya sekitar 20 meter. 

Air terjun ini juga memiliki kolam besar yang membuat para wisatawan dapat berenang bebas di lokasi. Selain itu, kolam ini juga memiliki tingkat kedalaman dari dangkal hingga paling dalam.

Sama halnya seperti Air Terjun Blang Kolam, Suhom juga memiliki panorama yang indah dan alami. Di sekitar air terjun ini banyak terdapat pepohonan durian. Jadi sangat direkomendasikan berkunjung ke air terjun ini di saat-saat musim panen durian. Hitung-hitung bisa sekalian wisata kuliner juga.

Air Terjun Suhom juga tersedia lokasi berkemah bagi para pemuda yang menyukai suasana malam. Lokasi air terjun ini berjarak 75 Km sebelah barat Banda Aceh atau sekitar 3 km dari jalan raya antara Banda Aceh dengan Calang, Aceh Jaya.  

Untuk mencapai Air Terjun Suhom dari Banda Aceh, bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi dan memerlukan waktu kurang lebih satu jam. Perjalanan ke sana melalui rute Banda Aceh-Calang (Aceh Jaya), melewati Pantai Lampuuk, Pantai Lhoknga dan Kecamatan Leupung. 

Di lokasi ini juga tersedia warung kopi dan penjual mie. Hal yang perlu diperhatikan di lokasi ini adalah jangan ikut membuang sampah sembarangan. 

Air Terjun Kuta Malaka

Air terjun Kuta Malaka berada di Gampong Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar. Destinasi wisata air ini memiliki air terjun tujuh tingkat dan digadang-gadang sebagai surga tersembunyi di Aceh Besar.

Untuk mencapai lokasi, para wisatawan terlebih dahulu ditantang untuk menaklukkan gunung Kuta Malaka. Belum ada jalan hitam menuju ke lokasi tersebut. Inilah yang wajib diperhatikan wisatawan agar tidak berkunjung di musim penghujan jika hendak ke lokasi.

Sebelum mencapai lokasi, para wisatawan nantinya akan disuguhkan dengan pemandangan persawahan nan hijau milik penduduk. Selain itu, para pengunjung juga akan menjumpai lokasi peternakan sapi, perkebunan buah, dan juga areal tambak milik warga.

Wisatawan juga akan menemukan enam anak sungai sebelum mencapai lokasi Air Terjun Kuta Malaka. Tak ada jembatan yang menghubungkan sungai-sungai itu sehingga para pengunjung ditantang mengarungi aliran sungai sedalam lutut orang dewasa tersebut. Jadi, lagi-lagi, kawasan ini tidak patut dikunjungi saat musim penghujan.

Air Terjun Pria Laot

Air terjun Pria Laot berada di 12 kilometer dari pusat Kota Sabang. Air terjun yang berada di pedalaman hutan Gampong Pria Laot ini memiliki aliran air yang bertingkat. 

Medan menuju ke lokasi benar-benar mampu memacu adrenalin. Para pengunjung diharuskan berjalan kaki sejauh 1 Kilometer dengan melewati rute bebatuan terjal sembari sesekali menyeberangi sungai. Di lokasi ini, para pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan satwa liar. Jadi jangan lupa membawa kamera dan baterai cadangan, agar anda tidak kehilangan momen melihat pemandangan alam setiba di lokasi. 

Air terjun ini berhulu di Gunung Sarung Keris, yang berada di selatan Pulau Weh. Sementara hilirnya berasal dari Danau Anak Laut yang mengalir di Sungai Pria Laot.

Air Terjun Tahura Sare

Wisata Air Terjun Tahura tersebut terletak ke ujung bawah atau tepatnya di antara kaki Gunung Seulawah Agam dan Gunung Seulawah Inong, Saree, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar. 

Untuk masuk ke kawasan ini para pengunjung diwajibkan melapor terlebih dahulu ke pos di Rumah Hutan Tahura.

Air terjun ini sangat cocok untuk para pendaki gunung atau yang suka hiking. Biasanya, para pengunjung bakal ditemani oleh dua polisi hutan untuk mencapai lokasi. Karenanya, para wisatawan diwajibkan membayar Rp100 ribu setiap kali jalan ke Air Terjun Tahura Sare. 

Air Terjun Peukan Biluy Aceh Besar | Disbudpar Aceh/YouTube

Air Terjun Lain

Tak hanya lima lokasi tersebut, sebenarnya Aceh memiliki sejumlah lokasi wisata air terjun lainnya yang tersebar di beberapa penjuru. Di antaranya adalah Air Terjun Tansaran Bidin di Gampong Tansaran Bidin, Bener Meriah, kemudian Air Terjun Peukan Biluy di Darul Kamal Aceh Besar, serta Air Terjun Tingkat Tujuh di Aceh Selatan.

Lebih lanjut, Blangkejeren juga memiliki lokasi wisata air terjun yang indah seperti Akang Siwah. Kemudian ada juga Air Terjun Krueng Ayon di Gunung Idieng, tepatnya di Desa Ayon Sampoiniet, Aceh Jaya, dan Air Terjun Mengata di Desa Mengaya Kecamatan Bintang Aceh Tengah.

Di Aceh Singkil juga terdapat pesona wisata berupa air terjun yang terdapat di Desa Lae Ikan, Penanggalan, yang dinamakan Air Terjun Kedabuhan. Kemudian di Aceh Tamiang juga terdapat wisata air terjun Gunung Pandan, di Aceh Timur ada Air Terjun Terujak, dan di Bireuen terdapat air terjun Ceuraceu yang ada di Desa Samagadeng, Kecamatan Pandrah.

Wisata air terjun juga terdapat di Simeulue Tengah, tepatnya di Desa Putra Jaya, kemudian ada air terjun Beucari di Desa Bueng Jantho Aceh Besar, air terjun Teuraceu Laot di Geumpang Pidie, serta air Terjun Tujuh Bidadari di Lhokseumawe, Geurudong Pase, Aceh Utara.[bna]

Dari berbagai sumber

Loading...