Stack Rock Ford Dijual Seharga Satu Kamar di London, Tertarik?

Redaksi - habadaily
16 Des 2018, 18:47 WIB
Stack Rock Ford Dijual Seharga Satu Kamar di London, Tertarik? Stack Rock Ford | Daily Mail

HABADAILY.COM - Dulu, bangunan ini pernah difungsikan sebagai pusat pertahanan Inggris menghalau serangan Napoleon III dari Prancis. Kini, benteng bersejarah itu justru dijual dengan harga kurang dari satu kamar di London.

Namanya benteng Stack Rock. Sebuah bangunan yang cenderung berasitektur Colloseum di Roma tempat para gladiator bertaruh nyawa. Namun, berbeda dengan Colloseum yang menjadi pusat hura-hura para bangsawan Roma, Stack Rock Fort justru difungsikan sebagai benteng pertahanan laut Inggris pada abad 18.

Jika ditelisik, gaya bangunan Stack Rock juga memiliki kemiripan dengan stadion-stadion sepakbola internasional. Berbentuk bundaran dengan tiga lantai bangunan. Benteng yang berada di pantai Milford Haven, Pembrokeshire, Inggris, ini juga dilengkapi dengan tangga spiral dan beberapa kamar meriam, serta bekas tempat tidur.

Berada di pulau kecil, benteng yang dibandrol senilai 535 ribu USD atau setara Rp 7,7 miliar ini memberikan pemandangan 360 derajat perairan Haven. 

Pada masa jayanya, benteng Stack Rock dipersenjatai dengan 16 senjata seberat 18 ton dan dijaga hingga 150 orang. Pada masa Perang Dunia I, benteng ini juga mendapat pengawalan ketat dari prajurit Inggris.

Stack Rock adalah salah satu benteng yang dirancang untuk membela Inggris dan Royal Naval Dockyard di Pembroke Dock. Bangunan ini dibangun antara 1850-1852. Kemudian mengalami renovasi dengan tetap mempertahankan menara senjata yang asli pada 1859.

Pihak terkait sudah lama mendaftarkan penjualan bangunan bersejarah ini. Awalnya, pada 2015, benteng tersebut ditaksir seharga 150 ribu Poundsterling.

Agen penjualan Purplebricks bahkan mengatakan, bangunan terlantar yang belakangan menjadi milik pribadi itu memiliki 'lingkup luar biasa untuk pengembangan'.

"Pemilik sebelumnya telah bertanya tentang potensi untuk mengubah benteng menjadi tempat tinggal komersial dengan link ke daratan utama," kata Purplebricks seperti dilansir Daily Mail.

Meskipun bangunan yang berdiri di atas gugusan karang ini diperjualbelikan, tetapi Stack Rock merupakan bangunan yang dilindungi secara historis. Anda tertarik?[bna]

Sumber: Daily Mail/detik.com

Loading...