Pengunjung Museum Tsunami Aceh Bakal Dikutip Biaya Masuk

Suryadi KTB - habadaily
23 Nov 2018, 10:58 WIB
Pengunjung Museum Tsunami Aceh Bakal Dikutip Biaya Masuk Plt Kadisbudpar Aceh Amiruddin menggelar konferensi pers di Disbudpar Aceh, Jumat (23/11/2018)/Suryadi KTB

HABADAILY.COM - Pemerintah Aceh bakal memberlakukan retribusi masuk untuk setiap pengunjung yang datang ke Museum Tsunami Aceh. Hal ini sesuai dengan Qanun tentang Retribusi Jasa Usaha yang diberlakukan di Aceh.

"Ke depannya akan ada biaya bagi setiap pengunjung Museum Tsunami Aceh," kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Aceh, Amirruddin di Banda Aceh, Jumat (23/11/2018).

Amiruddin mengatakan biaya yang dikenakan untuk pengunjung dewasa sebanyak Rp 3 ribu. Tiket anak-anak dibanderol Rp 2 ribu per pengunjung. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dipatok Rp 10 ribu per satu orangnya.

"Ini sesuai Qanun Aceh Nomor 2 tahun 2016 tentang perubahan atas Qanun Aceh Nomor 2 tahun 2014 tentang Retribusi Jasa Usaha. Pendapatan ini akan dijadikan biaya perbaikan dan perawatan Museum Tsunami Aceh," kata Amiruddin.

Dia mengakui harga tiket masuk ini lebih murah jika dibandingkan pengutipan retribusi masuk ke tempat wisata di provinsi lain. "Memang sangat kecil. Kalau di tempat lain sudah Rp 100 ribuan, ini sesuai dengan perintah qanun," kata Amiruddin.[boy] 

Loading...