SIFC 2018

Freedivers Internasional Terpukau Pesona Bawah Laut Sabang

Redaksi - habadaily
06 Nov 2018, 18:37 WIB
Freedivers Internasional Terpukau Pesona Bawah Laut Sabang Atlet freediving asal Rusia, Marianna, usai menyelam di SIFC 2018/Istimewa

HABADAILY.COM - Banyak atlet mancanegara terpikat dengan keindahan bawah laut Sabang kala mengikuti Sabang International Freediving Competition (SIFC) 2018. Qin Luo asal China, misalnya. Dia mengaku puas mengeksplorasi Balohan.

Menurut Qin, potensi laut Sabang cukup bagus. Apalagi jika event freediving ini rutin digelar setiap tahunnya. Qin menilai Sabang akan lebih banyak menarik pengunjung, terutama freedivers dunia, jika event SIFC 2018 ini rutin digelar. Sebab, kata dia, Sabang memiliki spot freediving yang jarang ditemui di negara lain.

“Lokasinya bagus. Saya memang belum mencoba di tempat lainnya di sini (Sabang), tetapi menyelam di Balohan menyenangkan, airnya juga jernih,” kata Qin Luo saat ditemui usai kompetisi freediving di Balohan, Selasa (06/11/2018).

Hal senada disampaikan Juri Kepala SIFC 2018, Wayne John Wright asal Selandia Baru. Pria asal Association Internationale pour le Development de I’Apnee (AIDA)-- salah satu Lembaga Freediving Internasional--itu mengatakan, Balohan punya potensi luar biasa dalam kategori olahraga dalam air.

Di Balohan, kata dia, jarak penglihatan dalam air sangat baik. Jadi, ini sangat menarik bagi para freedivers dari seluruh dunia. Bagi Wayne John, ini yang kedua kalinya ia datang ke Sabang dalam kompetisi yang sama.

“Ini adalah tahun kedua saya di Sabang. Kondisinya sangat bagus. Ini adalah tempat yang unik untuk didatangi. Untuk freediving, kita punya kesempatan dan jarak penglihatan yang sangat baik. Luarbiasa,” kata Wayne John.

Wayne juga memuji event SIFC 2018 kali ini. Selain peserta yang banyak, event dengan skala internasional ini juga nyaris sempurna dan tidak ada masalah yang dihadapi.
 
Namun, dia berharap pengambil kebijakan di Aceh juga harus membuat banyak kegiatan di Sabang. Ini agar wisatawan mancanegara bisa berlama-lama tinggal di Sabang.

“Harus lebih banyak lagi kegiatan yang bisa turis lakukan dan habiskan waktu di sini, sehingga dia (turis) bisa berlama-lama di sini,” kata dia.[boy/ril]

Loading...