Pelancong Asing Dihimbau Berpakaian Sopan Selama Ramadhan

Ahmad - habadaily
16 Mei 2018, 10:46 WIB
Pelancong Asing Dihimbau Berpakaian Sopan Selama Ramadhan Sejumlah turis asing yang datang ke Kabupaten Simeulue beberapa waktu lalu | Ahmad | Habdaily.com

HABADAILY.COM  - Turis asing yang melancong ke Kabupaten Simeulue dihimbau untuk tidak mengumbar aurat selama umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Himbauan tersebut karena selama ini bule yang datang ke sana kerap berbusana ala di negara mereka.

Selain soal pakaian dan prilaku, para pelancong asing juga dilarang menyantap makanan dan minuman di areal terbuka selama berwisata dalam wilayah di Kabupaten Simeulue.

"Himbauan itu agar para turis yang melancong ke Simeulue, menghormati umat muslim yang  melaksanakan ibadah puasa,”  kata Bupati  Simeulue, Erly Hasim, Selasa (15/05/2018).

"Peringatan ini juga berlaku bagi non muslim yang tinggal sementara maupun yang menetap di Kabupaten Simeulue, supaya juga menghormati serta menjaga etika saat umat muslim sedang melaksanakan ibadah puasa dan ibadah shalat tarawih," tambah Erly.

Sementara pihak Dinas Pariwisata Kabupaten Simeulue, juga secara resmi telah melayangkan surat kepada para pengelolah resort objek wisata dan gaet turis asing, untuk patuh terhadap warning dari pihak Pemerintah setempat.

"Surat resmi sudah kita layangkan kepada seluruh pemilik resort objek wisata dan gaet asing, supaya patuh dan mengikuti warning dari Pemkab Simeulue", kata Abdul Karim, Kadis Pariwisata Kabupaten Simeulue.

Dia juga mengingatkan, bila hal itu dilanggar sehingga menimbulkan reaksi dari masyarakat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa, karena tidak terima dengan ulah turis asing yang tidak menghormati dan tidak menjaga etika selama bulan Ramadhan.

"Bila juga nantinya juga tidak dipatuhi dan dilanggar, seperti ada turis hanya berbusana celana pendek dan baju tanpa lengan atau yukensi, sehingga mendapat reaksi keras dari masyarakat, maka itu merupakan resiko bagi pengelolah resort maupun gaet turis asing", imbuhnya.

Diketahui, turis asing yang melancong di Kabupaten Simeulue, hilir mudik kesejumlah lokasi untuk berselancar serta berbelanja di pusat-pusat pasar lokal setempat, sering menggunakan busana celana pendek dan baju tanpa lengan. [jp]

Loading...