DATA BMKG 14 November 2019

Ini Wanita Arab Pertama yang Jadi Wasit Sepakbola Profesional

Ini Wanita Arab Pertama yang Jadi Wasit Sepakbola Profesional

Dorsaf Ganoiati [Foto: Facebook]

HABADAILY.COM—Dalam sepakbola, wasit adalah pengatur pertandingan di lapangan. Wasit memiliki hak penuh selama pertandingan kepada seluruh pemain dan pelatih dan tim. Tugas wasit pada umumnya diperankan oleh seorang pria.

Namun, berbeda dengan wasit sepakbola dalam pertandingan di Liga Tunisia, pada Sabtu (15/6/2019) lalu, yang dipimpin oleh wasit wanita. Ia adalah Dorsaf Ganoiati, wanita Arab pertama yang menjadi wasit sepakbola.

Seorang wanita cantik berusia 33 tahun ini menjadi wasit di pertandingan terakhir antara Esperance Sportive de Tunis melawan Club Athletique Bizertin. Pada pertandingan tersebut, club Athletique memenangkan skor 2-1.

Seperti yang dikutip dari laman Vogue Arabia, wanita Arab lainnya merasa bangga karena Ganoiati bisa menjadi wanita Arab dan Afrika pertama yang menjadi Wasit pertandingan seri A Liga Tunisia. Ganoiati mengaku tidak merasa gugup sama sekali ketika menjalankan tugasnya dalam pertandingan.

Pada Mei 2017 silam, Ganoiati memulai debutnya menjadi wasit wanita dalam pertandingan sepak bola pria. Ketika dia menjadi wasit wanita antara klub Stade Tunisien dan Union Monastir.

Dalam wawancara bersama France24, sebelum pertandingan, Ganoiati mengatakan bahwa ia sangat terkejut, saat tahu bahwa ia terpilih menjadi seorang wasit. Ganoiati mengakui bahwa itu akan menjadi tantangan tersendiri.

"Saya berharap beberapa orang akan mengerti bahwa perempuan juga bisa melakukan pekerjaan ini, bahkan lebih baik daripada pria," ucapnya penuh semangat.

Ganoiati menyelesaikan studinya di Institute of Sport and Physical Education di Istana Al Said (ISSEPK) di Tunisi. Di 2012, ia menjadi guru pendidikan olahraga jasmani dan menjadi pemain sepak bola wanita sebelum ia menjadi Wasit.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru