Tertua di Balapan MotoGP 2019, Rossi Merasa Semakin Siap

Redaksi - habadaily
20 Mar 2019, 06:51 WIB
Tertua di Balapan MotoGP 2019, Rossi Merasa Semakin Siap

HABADAILY.COM—Menjadi pembalap dengan usia paling tua di ajang MotoGP 2019 nyatanya tak membuat Valentino Rossi menjadi minder. Justru sebaliknya, pembalap yang telah menjadi ikon MotoGP selama bertahun-tahun itu merasa lebih baik secara mental.

Berkat pengalaman yang telah didapat Rossi selama ini, ia pun sekarang menjadi lebih percaya diri. Maklum saja, pasalnya pembalap berjuluk The Doctor itu telah berkiprah di dunia balap motor grand prix selama lebih dari 20 tahun.

Kendati demikian, Rossi pun tak memungkiri bahwa dari segi fisik dirinya kini telah melemah. Akan tetapi, bukan berarti kondisi fisik Rossi mengalami penurunan yang drastis. Ia menerangkan bahwa kondisi antara dirinya sekarang dengan empat tahun lalu tidaklah jauh berbeda.

“Pada kenyataannya, tidak ada bedanya jika Anda berusia 36 atau 40. Jika Anda membandingkan 36 dengan 25, itu masalah besar. Tapi, tidak banyak perubahan antara ulang tahun ke-36 ke 40. Dari sudut pandang mental, 40 bahkan lebih baik. Saya merasa lebih baik. Saya lebih percaya diri, lebih percaya diri, saya memiliki lebih sedikit masalah,” jelas Rossi, menukil dari Speedweek, Rabu (20/3/2019).

“Kendati begitu, secara fisik pastinya lebih menuntut, terutama jika Anda seorang atlet. Jika Anda menjalani kehidupan normal, tidak masalah jika Anda berusia 40 atau 30 tahun. Tetapi, ketika Anda berkompetisi dalam balap sepeda motor dan berolahraga di level tinggi, itu lebih sulit. Anda harus melatih lebih banyak, Anda harus bekerja lebih keras, Anda harus menginvestasikan lebih banyak pekerjaan dan lebih banyak waktu,” lanjut Rossi.[okz]

Loading...