SIFC 2018

'Putri Duyung' Pecahkan Dua Rekor Nasional Freediving Indonesia

Redaksi - habadaily
07 Nov 2018, 00:13 WIB
'Putri Duyung' Pecahkan Dua Rekor Nasional Freediving Indonesia Nikita Fima Atriyu/ Repro

HABADAILY.COM - Nikita Fima Atriyu, freediver Indonesia berhasil memecahkan rekor nasional pada event Sabang International Freediving Competition (SIFC) 2018 yang digelar di Teluk Balohan Sabang, Aceh. Atlet perempuan ini mampu mencatat rekor baru di kedalaman 43 meter dari disiplin Constant Weight (CWT) dan 42 meter untuk Free Immersion (FIM).

“Alhamdulillah, disipilin pertama (CWT) saya menorehkan rekor nasional milik saya sendiri. Tahun lalu hanya 41 meter dan sekarang berhasil mencapai 43 meter. Sedangkan hari ini, saya juga mencatatkan rekor nasional dengan capaian 42 meter, sebelumnya 40 meter,” ujar Nikita yang digelar Putri Duyung Indonesia, saat ditemui di lokasi acara, Selasa (06/11/2018).

Nikita mengaku baru pertama kali mengikuti event freediving di Sabang. Dia juga baru sekali ini menginjakkan kaki di Aceh melalui SIFC 2018 ini.

Pun begitu, Nikita mengaku puas atas penyelenggaraan olahraga yang baru populer di Indonesia ini. Apalagi dia mendapat informasi perhelatan SIFC kali ini lebih bagus dibandingkan tahun sebelumnya, yang juga digelar di Sabang.

Sabang telah dua kali menjadi lokasi penyelenggaraan freedive tingkat internasional. Sebelumnya, olahraga menyelam tanpa alat bantu (scuba) ini dilaksanakan berbarengan dengan agenda Sail Sabang 2017.

Di SIFC 2018, Indonesia mengirimkan dua atlet yaitu Nikita dan Galih untuk mengikuti tiga disiplin yang dikompetisikan. Selain Indonesia, kompetisi ini juga diikuti oleh atlet-atlet mancanegara seperti Malaysia, Filiphina, Brunei Darussalam, China, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Russia, USA, Ukraina, dan lainnya.

Ada tiga disiplin yang dipertandingkan dalam SIFC 2018, yaitu Constant Weight (CWT) yang diselenggarakan 3-4 November, Free Immersion (FIM) 5-6 November dan Constant Weight no Fins (CNF) pada 7-8 November 2018.

Sebagai catatan, disiplin Constant Weight (CWT) adalah menyelam sedalam mungkin dan kembali ke permukaan dengan tanpa menggunakan alat bantu mekanik atau tali. 

Sedangkan Free Immersion (FIM) adalah menyelam sedalam mungkin dengan tanpa menggunakan fin (kaki katak), tetapi menggunakan bantuan tali untuk turun dan naik ke permukaan.

Disiplin Constant Weight no Fins (CNF) yang bakal digelar besok, Rabu (07/11/2018) justru lebih ekstrem. Para atlet harus menyelam sedalam mungkin dan kembali ke permukaan tanpa menggunakan kaki katak. Mereka juga hanya diperbolehkan memegang tali hanya satu kali saat naik ke permukaan.[boy]

Loading...