17 Atlet Target Pecahkan Rekor Nasional di SIFC 2018

Redaksi - habadaily
06 Nov 2018, 17:49 WIB
17 Atlet Target Pecahkan Rekor Nasional di SIFC 2018 Freediver usai menyelam di lokasi SIFC 2018, di Balohan, Sabang kembali ke daratan menggunakan speed boat/Istimewa

HABADAILY.COM - Sejumlah atlet freediving berhasil memecahkan rekor nasional untuk disiplin Constant Weight dan Free Immersion (FIM). Di antara mereka yang berhasil tersebut juga tertera nama Nikita Fima Atriyu dari Indonesia.

Mereka yang berhasil memecahkan rekor nasional untuk negara masing-masing seperti Paul Wai-Kei Sack dari Malaysia. Paul berhasil mencapai kedalaman 70 meter dan mendapat kartu putih untuk disiplin FIM freediving pria di hari pertama, Senin (05/11/2018). Paul juga berhasil memecahkan rekor nasional untuk disiplin Constant Weight no Fin (CNF) pada hari kedua perhelatan SIFC 2018 dengan kedalaman 52 meter.

Selain Paul, Jonathan Chong dari Singapura juga berhasil memecahkan rekor nasional untuk disiplin FIM dengan kedalaman 61 meter, dan CNF dengan kedalaman 53 meter. Selanjutnya, Haneef Shahniman dari Brunei Darussalam juga berhasil memecahkan rekor nasional dengan kedalaman 33 meter di disiplin yang sama.

Nora Galgoczy dari Hungaria juga berhasil memecahkan rekor nasional untuk disiplin FIM dengan kedalaman 22 meter, selanjutnya Nikita dari Indonesia yang juga memecahkan rekor nasional dengan kedalaman 43 meter, dan Maria Noella Zosa dari Filiphina juga berhasil memecahkan rekor dengan kedalaman 51 meter.

Natalie Rudman (67 meter) dari Afrika Selatan dan Jung A Kim (80 meter) dari Korea Selatan juga berhasil memecahkan rekor nasional untuk masing-masing negara mereka, di disiplin Constan Weight pada Sabang International Freediving International Competition 2018. 

Jay Ku dari Vietnam dan Martin Zapanta dari Philipina juga berhasil memecahkan rekor nasional untuk disiplin FIM dengan kedalaman masing-masing 88 meter dan 65 meter. 

Atlet freediving dari Ukraina, Viktor Reshetniak juga berhasil memecahkan rekor nasional untuk disiplin CWT dengan kedalaman 100 meter.

"Alhamdulillah, pecahkan rekor CWT kemarin. Hari ini juga untuk FIM," kata Nikita, atlet freedive Indonesia, Selasa (06/11/2018).

Sebelumnya, rekor nasional untuk disiplin CWT berada pada kedalaman 41 meter. Sementara untuk rekor FIM sebelumnya berada pada 40 meter.

Panitia teknis freediving, Stanley Sradaputta, membenarkan adanya sejumlah atlet yang berhasil memecahkan rekor nasional di SIFC 2018 untuk disiplin CWT dan FIM. 

"Jadi untuk CWT hari ini selesai untuk putra dan putri. Jadi untuk besok tersisa CNF, tanpa alat. Banyak yang pecah rekor nasional," kata Stanley yang hingga hari ini masih memegang rekor nasional Indonesia untuk disiplin CWT.

Dia mengatakan ada 17 negara yang menargetkan pemecahan rekor nasional di event SIFC 2018 ini. "Kita lihat hasil akhirnya seperti apa," kata Stanley, seraya mengatakan hasil lengkap SIFC 2018 dapat dilihat di website freedive.id.[boy/ril]

Loading...