Tanpa Boaz Solossa, Timnas Indonesia Bingung Pilih Kapten

Redaksi - habadaily
03 Nov 2018, 20:38 WIB
Tanpa Boaz Solossa, Timnas Indonesia Bingung Pilih Kapten Andik Vermansyah/Liputan6.com

HABADAILY.COM - Timnas Indonesia sudah menjalani pemusatan latihan (TC) selama dua hari menuju Piala AFF 2018. Namun, sampai hari kedua, tim pelatih tak kunjung menunjuk siapa sosok pemain yang layak mengemban tugas sebagai kapten.

TC Timnas Indonesia di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, telah berlangsung sejak Jumat (2/11/2018). Bima Sakti mengikutsertakan 23 pemain terlepas dari dicoretnya Saddil Ramdani. Pasalnya, posisi Saddil kini telah digantikan Andik Vermansah.

Sebagian besar dari daftar 23 pemain adalah skuat Timnas Indonesia U-23 yang terlibat di Asian Games 2018. Tentu, pemain lain yang diikutsertakan adalah senior dan memiliki pengalaman tampil di ajang Piala AFF, di antaranya adalah Andik dan Stefano Lilipaly.

Merujuk pada daftar pemain yang dipanggil, Timnas Indonesia memutuskan untuk tak mengikutsertakan Boaz Solossa. Cukup mengherankan karena Boaz masih jadi salah satu penyerang tajam di Indonesia. Lalu, ia juga menjabat sebagai kapten Indonesia di Piala AFF 2016.

Tanpa kehadiran Boaz, secara otomatis Timnas Indonesia belum memiliki sosok yang bertugas sebagai kapten. Asisten pelatih Kurniawan Dwi Yulianto juga menyebut pihaknya masih bingung menentukan untuk memberikan tanggung jawab tersebut kepada pemain.

"Semua berpeluang karena kita melihat semua pemain punya jiwa leadership. Semua pemain juga, Alhamdulillah, sangat baik. Jadi belum bisa kami tentukan," ujar Kurniawan usai sesi latihan, Sabtu (3/11/2018) pagi.

Sambut Kehadiran Andik

Jika melihat deretan skuat saat ini, ada banyak pemain yang memenuhi persyaratan untuk mengemban tugas sebagai kapten. Andik tentu jadi salah satu pertimbangan mengingat ia termasuk pemain yang sudah cukup lama membela tim Merah Putih.

Karenanya, tim pelatih ikut senang Andik sudah bisa bergabung dengan sesi latihan hari ini. Kedatangan pemain Kedah FA itu sedikit terlambat karena masalah non teknis. Saat ia baru tiba, tim sudah memulai sesi latihannya.

"Saya rasa tidak ada masalah karena Andik sudah masuk dalam skema pemain yang kita panggil. Setelah laga lawan Hong Kong, kita sudah menekankan bahwa para pemain harus siap jika dipanggil. Andik mengatakan siap 200 persen. Ini luar biasa," tutur Kurniawan.[]

Sumber: Liputan6.com

Loading...