DATA BMKG 20 Januari 2021
Rangkaian Gamifest 2018

Meskipun Hujan, Pembukaan Pacu Kuda Tetap Meriah di Takengon

Meskipun Hujan, Pembukaan Pacu Kuda Tetap Meriah di Takengon

Pacu kuda juga diperlombakan pada acara GAMIFest 2018

HABADAILY.COM - Pembukaan pacu kuda dalam rangka Gayo Alas Mountain International Festival (GAMIFest) 2018 berlangsung dalam hujan rintik-rintik. Namun tetap berjalan meriah yang dipusatkan di lapangan Blang Bebangka, Kecamatan Pegasing, Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Senin (17/9/2018).

Pembukaan pacu kuda dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Aceh Tengah, Firdaus dan sejumlah Forkompinda Aceh Tengah. Pembukaan dimulai pada pukul 11.31 wib berlangsung meriah. Ikut disaksikan ratusan warga, meskipun cuaca hujan rintik-rintik.

Ada enam kuda akan bertanding pada pembukaan hari ini. Joki muda nantinya akan memperlihatkan kebolehannya mengendalikan kuda dan adu cepat. Pacu kuda di dataran tinggi Gayo sudah menjadi tradisi dan selalu diperlombakan setiap tahunnya.

Pacu kuda akan berlangsung hingga 23 September 2018. Pada tanggal tersebut merupakan babak final, puncak perhelatan pacu kuda di Takengon.

Pantauan Habadaily.con, walaupun hujan tak memperlihatkan akan reda, namun warga tetap bertahan dan antusias menyaksikan pembukaan pacu kuda. Sedangkan joki bersama kuda diminta untuk keliling depan panggung utama sebelum memulai lomba.

"Pacu kuda juga diperlombakan pada acara GAMIFest 2018 ini," kata Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Aceh Tengah, Khairuddin Yoes.

Even pacu kuda kali ini, sebutnya biasa dilakukan di lokal. Namun sekarang dihelat tingkat internasional dalam rangka GAMIFest 2018. Pacu kuda kali ini melibatkan tiga kabupaten, yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues.

"Acara ini bisa memotivasi peternak kuda bisa merawat kuda dengan baik," ungkapnya.

Jumlah peserta yang terdaftar, Aceh Tengah 178 ekor kuda, Gayo Lues 64 ekor kuda, Bener Meriah 112 kuda. Ada sekitar 354 ekor kuda yang terdiri  dari semua kelas.

"Pacu kuda berlangsung selama 6 hari dan Jumat pacu kuda diliburkan," tukasnya.(***)

Komentar
Terbaru