DATA BMKG 25 November 2020

Bukan Qurban, Gampong Alue Peuno Sediakan Daging Meugang untuk Warganya

Bukan Qurban, Gampong Alue Peuno Sediakan Daging Meugang untuk Warganya

Penyiapan daging meugang untuk dibagikan kepada seluruh KK di Alue Peuno, Kecamatan Peusangan, Bireuen.

HABADAILY.COM—Ini bukan pembagian daging qurban. Namun pembagian daging meugang di Gampong Alue Peuno, Kecamatan Peusangan, Bireuen, Kamis (30/7). Sudah sejak era konflik dulu, warga di sana memang mendapatkan jatah daging meugang yang disediakan pemerintah gampong setempat.

Geusyik (Kades) Alue Peuno Zulfa Amir menyebutkan, setiap hari meugang pihak gampong menyembelih dua sampai tiga ekor sapi yang dibagikan kepada seluruh Kepala Keluarga (KK).  “Ini sudah tradisi di gampong kami jauh sebelum saya menjabat sebagai geusyik. Bahkan sejak era konflik Aceh memuncak, warga di sini bisa menikmati daging meugang yang disediakan pihak gampong,” katanya.

Zulfa menjelaskan, bantuan Pemerintah Gampong Alue Peuno untuk seluruh warganya tersebut bukan dianggarkan melalui Dana Desa. Namun, pengadaan daging meugang itu dilakukan dengan menggunakan kas gampong. “Kas tersebut bersumber dari pemasukan gampong, seperti dari sewa tanah gampong untuk warung dan pemasukan lainnya,” sebutnya.

Dengan kebijakan tersebut, sudah sejak lama warga Alue Peuno terbebas dari kesulitan dalam memperoleh daging meugang. “Per KK mendapatkan porsi daging yang sama. Pada meugang lebaran haji tahun ini, dibagikan kepada 182 KK,” katanya.

Bahkan, menurut Geusyik Zulfa, daging meugang tersebut diberikan kepada keluarga baru walaupun belum memiki KK di Alue Peuno. “Ini misalnya keluarga yang baru menikah atau yang baru pindah ke Alue Peuno. Kalau memang dari keluarga yang kurang mampu, tetap mendapatkan daging meugang meski belum punya KK Alue Peuno,” paparnya.

Hal itu diakui beberapa kepala keluarga yang baru pindah ke Alue Peuno dengan tujuan untuk bekarja. “Kami juga dapat jatah daging meugang walau masih tinggal di rumah sewa dan belum memiliki KK di sini,” sebut seorang warga  asal Peureulak, Aceh Timur, yang kini berdomisili di Alue Peuno.[]

Komentar
Terbaru