DATA BMKG 14 Oktober 2019
Piasan Seni 2019

Syeh Ghazali Lkb: Piasan Seni Ruang Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual

Syeh Ghazali Lkb: Piasan Seni Ruang Sosialisasi Hak Kekayaan Intelektual

Syeh Ghazali Lkb: Piasan Seni Ruang Sosialisasi Undang Undang Kekayaan Intelektual : FOTO: NET

HABADAILY.COM - Pegelaran Piasan Seni Banda Aceh 2019 yang berlangsung di Taman Bustanussalatin (Taman Sari Banda Aceh) sejak 13-15 September 2019 resmi dibuka oleh Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, Jumat, (13/09/2019).

Namu, sejumlah saran dan kritikan mendidik juga datang dari beberapa pelaku seni di Aceh, Syeh Ghazali LKb, meminta pihak panitia untuk menjadikan pegelaran Piasan Seni juga dijadikan sebagai ajang sosialisasi hak cipta.

Ketua Asosiasi Rekaman Industri Aceh (AIRA) Syeh Ghazali LKB menyatakan rangkaian acara di piasan seni menjadi ajang silaturahmi bagi pelaku seni di Aceh. “Ini juga sebagai ajang menghadirkan bibit-bibit baru di dunia hiburan lokal,” katanya.

Selain itu, lanjut Syeh Ghazali, Piasan Seni bisa dijadikan sebagai ajang sosial- isasi tentang hak cipta seni.

“Ini hendaknya dijadikan momen mensosialisasi Hak Cipta, seperti tentang hukum mendaur ulang lagu ciptaan orang lain sesuai Undang - undang Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau hak milik intelektual,” sebut pria yang akrab disapa Om Syeh ini.

Menurut Om Syeh, generasi millenial harus diberi pengetahuan dalam men- yahuti perkembangan seni musik secara online, terutama YouTube. “Sekarang ini banyak anak muda yang tidak mengerti tentang hak yang terkait dengan karya cipta, yang mana hak eksklusif, hak ekonomi dan lain-lain. Ini yang harus disosialisasikan,” tandasnya.

Berita ini sudah dimuat di HD Indonesia Edisi : 03  ( 02-15 SEPTEMBER 2019 )

Komentar
Baca Juga
Terbaru