DATA BMKG 15 September 2019
Pemko Banda Aceh

HAN 2019 Jadi Momentum Tingkatkan Kepedulian kepada Anak Yatim

HAN 2019 Jadi Momentum Tingkatkan Kepedulian kepada Anak Yatim

Aminullah Usman menyerahkan sejumlah bantuan kepada para anak yatim.

HABADAILY.COM—Walikota Banda Aceh Aminullah Usman menyerahkan secara simbolis santunan dan sejumlah paket bantuan kepada anak-anak Panti Asuhan Penyantun Islam, Gampong Setui, Minggu (28/7/2019).

Santunan dan paket bantuan tersebut berasal dari Pengurus Cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Banda Aceh. Prosesi penyerahanya dirangkai dengan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 dan peluncuran layanan mobile konseling Curhat Langsung Bersama Kesehatan (CLBK).

Dalam sambutannya, wali kota mengatakan kegiatan tersebut merupakan momentum penting dalam meningkatkan rasa kepedulian kepada anak yatim dan piatu. "Kita punya kewajiban terhadap pemenuhan hak dan perlindungan terhadap mereka."

Ia pun mengajak segenap elemen kota untuk memastikan seluruh anak Banda Aceh tak terkecuali yatim piatu, terpenuhi semua hak dasar dan kebutuhan hidup mereka. "Bukan hanya bekal harta duniawi, tetapi juga pengetahuan agama, iman dan takwa, hati nurani yang sehat, dan pikiran yang cerdas."

"Semua itu kelak akan menjadi bekal mereka dalam hidup dan bermasyarakat, sekaligus modal utama sebagai pemimpin pada masa mendatang," kata Aminullah di hadapan 70 anak yatim piatu yang tinggal di sanan dan hadirin tamu undangan.

Ia juga mengimbau kepada anak-anak penghuni panti untuk terus belajar dengan tekun. "Rajinlah beribadah dan membaca Al-Quran. Bangun karakter positif dengan menghindari kegiatan-kegiatan yang sia-sia dan maksiat yang dapat menjerumuskan kepada kehancuran masa depan kalian. Serta hindari narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya."

"Harapan kami, anak-anak yang berada di panti ini selalu senantiasa merasa ceria dan bersemangat dalam menjalankan segala aktivitasnya sehari-hari. Dan hendaknya tetap terus bersemangat baik dalam beribadah, bersekolah maupun bermain," pungkasnya.

Ketua IBI Banda Aceh Rahmawati mengatakan dalam kegiatan tersebut pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan yang membuka posko mobile konseling CLBK. "Dua orang dokter anak turut kita hadirkan untuk memberikan penyuluhan dan memeriksa kesehatan anak-anak kita di sini."

Adapun paket bantuan yang diberikan di antaranya tas sekolah, buku tulis dan buku gambar, serta perlengkapan sekolah lainnya. "Ada juga Al-Quran, perlengkapkan mandi, dan sejumlah santunan berupa dana. Ini semua merupakan sumbangan dari 900 bidan yang tersebar di 17 ranting IBI Banda Aceh," katanya.

Turut hadir pada acara yang dimeriahkan dengan penampilan seni budaya dan selawat nabi oleh anak-anak panti itu, Asisten Administrasi Umum Setdako Banda Aceh Tarmizi Yahya, Kadinkes Warqah Helmi, Kepala DP3AP2KB Media Yulizar, dan Kadinsos Banda Aceh Muzakkir. Hadir pula perwakilan IBI Aceh Elvira Wahyuni dan jajaran pengurus IBI Banda Aceh.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru