Kasus OTT Bireuen Diduga Libatkan Kepala Kankemenag

Redaksi - habadaily
09 Mar 2018, 17:51 WIB
Kasus OTT Bireuen Diduga Libatkan Kepala Kankemenag Ilustrasi

HABADAILY.COM – Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Tim Saber Pungli Polres Bireuen terhadap Pegawai Kankemenag Bireuen pada 6 Maret 2018, mendekati  titik terang.  Dari nyanyian tersangka, kasus itu diduga turut melibatkan Kepala Kankemenag Bireuen.

Dugaan keterlibatan orang nomor satu di Kankemenang Bireuen tersebut ketika Tim Saber Pungli menggelar perkara sesi pertama, Jumat (09/03/2018). Terungkap, bahwa Pengutipan Liar (Pungli) oleh MN, Bendahara Kemenag Bireuen atas arahan Kasubag TU Kemenag setempat berinisial MK.

Sementara Kasubag TU mengaku semua itu dilakukannya setelah mendapatkan izin dari Kepala Kankemenag Bireuen, Zulkifli Idris. Pengutipan dana tersebut dilakukan melalui rapat bersama pada hari Rabu,  21 Februari 2018 yang dihadirin oleh Kasubag dan kasie jajaran Kankemenag Bireuen.

"Pengutan dilakukan sebanyak Rp.400 ribu bagi per kepala sekolah untu  tingkat MIN,MTsN, MAN dan Rp.200 ribu per kepala seokolah tingkat swasta, MIS,MTsS dan MAS,"kata  salah seorang Tim Saber Pungli dari Polres Bireuen, Bunawal dalam paparannya pada gelar perkara tersebut.

Adapun jumlah uang  yang sudah dikutip mencapai Rp 13,753 juta. Menurut keterangan para tersangka,  uang itu akan digunakan untuk biaya acara Maulid dan Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Barang-bukti uang tersebut turut diamankan polisi ketika melakukan OTT pada 6 Maret 2018 malam. Tim Saber Pungli juga menyita satu tas ransel warna coklat, kakulator, daftar madrasah penyumbang dana.

Dari Terbuka jadi Tertutup

Gelar  kasus OTT tersebut dilaksanakan Tim Saber Pungli Bireuen, di Ruang Tipiter Mapolres Bireuen dalam dua bentuk.  Pada gelar tersangka MN dilakukan terbuka, sedangkan untuk tersangka lain yang awalnya juga direnanakan terbuka namun kemudian dilakukan secara tertutup.

Dari pembicaraan di lokasi gelar perkara,  itu terjadi ini karena ketua Saber Pungli Bireuen ang dijabat Waka Polres Bireuen Kompol Carlie Syahputra Bustamam, S.I.K tidak hadir.  Ketua Pokja Saber Pungli dari  Kasie Intel Kejari dan Kasie Pidum Kejari Bireuen juga tidak hadir. [jp]

 

MAG: Fajrizal

Loading...