DATA BMKG 23 Januari 2021
Seleksi Masuk PTN Dimulai

Calon Mahasiwa PTN Wajib Daftar di LTMPT

Calon Mahasiwa PTN Wajib Daftar di LTMPT

Logo LTMPT.

HABADAILY.COM—Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri tahun 2021 segera dimulai. Seleksi masuk ini dilakukan serentak dalam satu pintu oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Wakil Ketua I LTMPT yang juga Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng mengatakan secara keseluruhan proses seleksi tahun 2021 tidak berbeda jauh dengan proses di tahun sebelumnya. Calon peserta diharuskan untuk registrasi akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Registrasi ini dimulai pada tanggal 4 Januari 2021 hingga 1 Februari 2020.

Prof Samsul mengingatkan pentingnya calon peserta untuk memiliki akun LTMPT. Sebab akun ini juga akan digunakan untuk mendaftar di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), UTBK, dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Di seleksi masuk PTN, setiap peserta wajib memiliki akun LTMPT dan ini menjadi gerbang awal bagi mereka untuk mendaftar,” ujar Prof Samsul, Minggu (3/1/2021).

Prof. Samsul menambahkan jika di SNMPTN 2021, pemeringkatan siswa pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dilakukan oleh pihak sekolah. Ia berharap pengisian data dilakukan secara benar dan bertanggung jawab. Pada tahun ini, PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS). Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperbolehkan mendaftar PDSS.

Bagi sekolah dengan nilai akreditasi A memiliki kuota 40 persen, akreditasi B kuota 25 persen, dan akreditasi C kuota 5 persen. Sedangkan pengisian PDSS akan dimulai pada 11 Januari 2021 hingga 8 Februari 2021.

Prof Samsul meminta siswa dan sekolah untuk cermat dan teliti dalam mengikuti proses seleksi, baik persyaratan maupun ketentuannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekeliruan yang dapat mengakibatkan kerugian bagi siswa maupun sekolah.

“Kami meminta calon peserta dan sekolah cermat dan teliti dalam membaca pengumuman dan mengikuti alur seleksi ini.”

 Ia berharap calon peserta dan sekolah untuk selalu memantau dan mengikuti informasi SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN melalui laman resmi LTMPT https://ltmpt.ac.id. Bagi yang memiliki kendala, untuk dapat menghubungi helpdesk  http://halo.ltmpt.ac.id atau Humas USK 0811 6752 000.[]

Komentar
Terbaru