DATA BMKG 08 Juli 2020

Pendaftaran SNMPTN Dibuka Sejak 14 Februari

Pendaftaran SNMPTN Dibuka Sejak 14 Februari

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng.

HABADAILY.COM—Masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2020 dimulai Jumat, 14 Februari 2020 pukul 14.00 WIB dan akan ditutup dua minggu kemudian pada tanggl 27 Februari 2020.

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng yang juga Wakil Ketua I Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Kamis (13/2), mengatakan siswa SMA/SMK/MA yang lolos pemeringkatan oleh sekolah untuk segera mendaftar SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan secara online melalui laman portal LTMPT http://portal.ltmpt.ac.id  menggunakan email dan password login. Tetapi sebelumnya, siswa diharuskan untuk mengecek terlebih dahulu apakah mereka lolos pemeringkatan yang dilakukan sekolah. Pengumuman pemeringkatan ini dapat dilihat di laman http://rank.pdss.snmptn.ac.id/ dengan memasukkan NISN dan tanggal lahir siswa.

“LTMPT telah menerbitkan daftar siswa yang layak untuk mendaftar SNMPTN sesuai dengan hasil pemeringkatan oleh sekolah setelah dilakukan finalisasi data di PDSS.”

Prof. Samsul menjelaskan, saat mendaftar SNMPTN, siswa diharuskan mengisi biodata, pilihan PTN dan program studi, serta mengunggah (upload) dokumen prestasi tambahan jika diperlukan. Siswa dapat mendaftar di dua prodi di dua PTN berbeda, atau di dua prodi dalam satu PTN.

Bagi yang mendaftar di program studi bidang seni dan olahraga, siswa diwajibkan untuk mengunggah portfolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh di https://www.snmptn.ac.id.

Prof. Samsul meminta siswa untuk dapat memilih program studi sesuai minat dan kemampuan yang dimilikinya. Hal ini penting, sebab bagi siswa yang lulus SNMPTN tidak dapat lagi mendaftar di SBMPTN.

“Jika siswa lulus SNMPTN, ia tidak bisa lagi mendaftar di SBMPTN. Untuk itu pilihlah prodi sesuai kemampuan dan minat, bukan pilih sekadar ikut-ikutan atau coba-coba,” ujarnya.

Selain itu, siswa tidak diperkenankan untuk mendaftar lintas bidang, seperti jurusan IPA mendaftar di soshum (sosial dan humaniora) ataupun sebaliknya. Sebab penilaian SNMPTN ini berdasarkan hasil nilai rapor siswa. Siswa yang berada di satu sekolah juga dihimbau untuk memilih prodi yang berbeda agar memiliki peluang kelulusan lebih besar.

Seleksi SNMPTN akan berlangsung mulai 28 Februari-3 April 2020. Sedangkan hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 4 April 2020. Siswa diharapkan untuk selalu memantau website https://ltmpt.ac.id/ dan bila memiliki kendala untuk dapat menghubungi helpdesk http://halo.ltmpt.ac.id atau Humas Unsyiah  0811 6752 000.

Prodi Favorit  

Sementara itu, di Universitas Syiah Kuala, lanjut Prof Samsul, terdapat beberapa program studi (prodi) yang memiliki jumlah peminat tinggi, bahkan menjadi prodi favorit. Ia menyebutkan berdasarkan data SNMPTN 2019, peminat tertinggi di Unsyiah untuk kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) adalah Farmasi disusul kemudian Pendidikan Dokter, Informatika, Ilmu Keperawatan, dan Teknik Sipil. Di kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum), Manajemen menjadi prodi dengan peminat tertinggi. Kemudian disusul Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Akuntansi, Psikologi, dan Ilmu Hukum.

Di sisi lain, prodi Teknik Geofisika, Fisika, Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik), dan Program Studi di Luar Kampus Utama (PDSKU) Gayo Lues merupakan prodi dengan peminat relatif minim. Menurut Rektor, ini menjadi peluang bagi siswa untuk melirik prodi tersebut, terutama bagi mereka yang memiliki ketertarikan di bidang ilmu tersebut. Sebab peluang kelulusannya akan lebih besar dibandingkan prodi yang lain.

“Walaupun prodi tersebut relatif sepi peminat bukan berarti kualitasnya buruk. Prodi tersebut sama layaknya prodi lain yang memiliki pengajar yang mumpuni, bahkan sudah terakreditasi,” ujar Rektor.

Prof Samsul menambahkan, saat ini Unsyiah menjadi salah satu kampus favorit di Pulau Sumatra dan memiliki 63 prodi. Diharapkan siswa dapat memilih berbagai prodi sesuai minat dan kemampuan.[]

Komentar
Terbaru