DATA BMKG 08 Juli 2020

313 Mahasiswa Unsyiah KKN Tematik di Bener Meriah

313 Mahasiswa Unsyiah KKN Tematik di Bener Meriah

Penyerahan 313 mahasiswa Unsyiah kepada Pemerintah Kabupaten Bener Meriah untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

HABADAILY.COM—Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng IPU menyerahkan sebanyak 313 mahasiswa kepada Pemerintah Kabupaten Bener Meriah untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik. Penyerahan ini diterima langsung Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi dalam upacara penyambutan yang berlangsung di pelataran Kantor Bupati Bener Meriah, Rabu (15/1).

Prof Samsul mengatakan para mahasiswa ini akan melaksanakan KKN selama sebulan sejak tanggal 15 Januari-13 Februari 2020. Mereka akan ditempatkan di 50 desa yang tersebar di enam kecamatan, yaitu Kecamatan Wih Pesam, Bukit, Bandar, Timang Gajah, Bener Kelipah, dan Permata. Untuk tahun ini, KKN Tematik akan difokuskan pada pertanian, pengembangan wisata desa, dan pengolahan serta pengelolaan sampah.

“Kita ingin setiap desa dapat mengelola sampah dengan baik, sekaligus menumbuhkan pemahaman masyarakat bagaimana menjaga lingkungan serta meningkatkan potensi desanya,” ujar Prof Samsul.

Kabupaten Bener Meriah menurut rektor memiliki potensi yang luar biasa. Bukan hanya keindahan alam semata, tetapi juga hasil pertanian yang menjanjikan. Potensi ini menjadi peluang bagi mahasiswa KKN Unsyiah untuk ikut terlibat mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama di perkuliahan. Ini akan menjadi pengalaman baru yang akan berguna di masa datang.

Rektor juga menegaskan mahasiswa harus mampu menciptakan program yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan desa. Mereka dituntut untuk mengetahui kebutuhan masyarakat agar program yang dijalankan bermanfaat dan tepat sasaran. Terlebih setiap desa akan ditempati mahasiswa dari lintas studi. Ini memberikan kemudahan dalam menjalankan banyak program sesuai keahlian yang dimiliki.

Bupati Bener Meriah Tgk H Sarkawi menyambut baik kehadiran mahasiswa KKN Unsyiah. Kehadiran mereka sejalan dengan semangat Pemkab Bener Meriah yang saat ini sedang menjalankan program pengelolaan sampah dan penataan lingkungan.

“Kami ingin para mahasiswa dapat membantu masyarakat desa. Ilmu yang didapatkan di kampus dapat disampaikan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sarkawi juga berharap para mahasiswa ini dapat menjadi duta yang menyampaikan keindahan dan hal positif tentang Bener Meriah.

“Ketika yang disebarkan adalah hal baik, maka yang negatif akan hilang sendirinya. Jadilah agen perubahan bagi Bener Meriah,” pungkasnya.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru