DATA BMKG 28 Januari 2020

Perpustakaan Unsyiah Jadi Pustaka Pertama Peraih SNI Award

Perpustakaan Unsyiah Jadi Pustaka Pertama Peraih SNI Award

Penganugerahan SNI Award 2019 yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, 20 November 2019.

HABADAILY.COM—Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN) Prof Dr Ir Bambang Prasetya MSc mewakili Pemerintah RI memberikan penghargaan SNI Award kepada Perpustakaan Unsyiah untuk kategori perunggu berdasarkan keputusan Dewan Juri SNI Award 2019, yang diketuai oleh Prof Dr Rhenald Kasali. Anugerah ini diserahkan di malam Penganugerahan SNI Award 2019 yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, 20 November 2019.

Piala penghargaan tersebut diterima oleh Rektor Unsyiah yang diwakili oleh Wakil Rektor I Prof Dr Ir. Marwan. Turut hadir Kepala Perpustakaan Unsyiah saat ini, Dr Ing Rudi Kurniawan ST MSc dan Kepala Perpustakaan sebelumnya Dr Taufiq Abdul Gani SKom MEng Sc.

Proses keikutsertaan Perpustakaan Unsyiah dalam award ini dilakukan di masa kepemimpinan Dr Taufiq Abdul Gani. Itu dilakukan dengan melakukan pengembangan layanan secara besar-besaran yang dimulai sejak tahun 2012. Kemudian di tahun 2015, pengembangan ini semakin terarah dengan menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk manajemen mutu, keamanan informasi dan layanan teknologi informasi.

“Semua pihak mulai dari pimpinan, civitas dan semua staf telah bekerja sama dalam meningkatkan mutu layanan. Kami menerapkan SNI untuk manajemen mutu, keamanan informasi dan layanan teknologi informasi supaya pengembangan ini terarah dan terpadu,” ujar Taufik, Kamis (21/11).

Evaluator SNI Award, Elvina Rahayu MSi mengatakan Perpustakaan Unsyiah tercatat sebagai organisasi Perpustakaan Indonesia pertama yang meraih penghargaan ini. Untuk tahun 2019, Perpustakaan Unsyiah bersaing dengan 188 peserta terdaftar dari berbagai jenis organisasi, lembaga dan badan usaha.

Penghargaan SNI Award lanjutnya, dilakukan setiap tahunnya sejak 2005. Penghargaan resmi dari Pemerintah RI ini diberikan kepada organisasi, lembaga, atau badan usaha yang telah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk keunggulan produk dan layanannya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Unsyiah Prof Dr.Ir. Marwan mengapresiasi keberhasilan Perpustakaan Unsyiah. Menurutnya ini merupakan hasil kerja keras yang dilakukan seluruh komponen di Perpustakaan Unsyiah. Ia berharap prestasi ini menjadi penyemangat untuk bergerak lebih baik, sehingga memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru