DATA BMKG 09 Agustus 2020
Tinggi Kecelakaan di Aceh

Warga Masih Tak Peduli Keselamatan

Warga Masih Tak Peduli Keselamatan

HABADAILY.COM – Kepala Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Aceh, Suyatno Harjo mengatakan, tingginya angka kecelakaan di laut dan darat di Aceh disebabkan banyak warga yang belum peduli keselamayan.

Baca : Kecelakaan Laut di Aceh Tinggi

Menurutnya, bila kesadaran keselamatan ada. Angka kecelakaan bisa meminimalisir, baik di laut maupun di darat.

“Kami yakin saat semua peduli keselamatan bisa mengurangi kecelakaan. Kita tau berada di posisi bahaya, malah ada yang melakukan selfie, gak sadar kita sedang berada di sisi jurang dan terjadilah kecelakaan,” kata Suyatno Harjo, Jumat (3/2/2017) di Banda Aceh.

Menyangkut dengan kesiapan personel, Suyatno mengaku selama ini terus melakukan peningkatan kapasitas setiap personel SAR di Aceh. Ini mengingat kondisi kecelakan dan bencana alam berbeda-beda dan membutuhkan penanganan dan kesiapan personel yang beragam pula.

“Untuk mengatasi selain tingkatkan kemampuan personel dan kita juga melakuan penggalangan potensi masyarakat, kita galang dan bentuk satuan tugas di kabupaten/kota, untuk merespon terhadap kejadian di daerah,” jelasnya.

Namun, ia juga ingatkan, meskipun kesiapan petugas sudah baik. Bila kesadaran keselamatan masih diabaikan oleh warga. Maka kecelakaan baik di darat, laut dan hutan tidak bisa ditekan.

“Keselamatan itu harus diutamakan,” tutupnya.[acl]

Komentar
Baca Juga
Terbaru