DATA BMKG 10 Agustus 2020

Kecelakaan Laut di Aceh Tinggi

Kecelakaan Laut di Aceh Tinggi

HABADAILY.COM - Angka kecelakaan laut dan darat yang ditangani Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) Aceh selama tahun 2016 cukup tinggi. Hal ini dilihat dari jumlah kecelakaan dan bencana.

Selama tahun 2016, total kasus yang ditangani Basarnas Aceh sebanyak 135 kali. Dari jumlah tersebut, kasus kecelakaan kapal atau di laut sebanyak 37 kasus, baru bencana alam lainnya hanya 21 kasus.

Bahkan Basarnas Aceh awal tahun 2017 ini, yaitu selama Januari telah menangani kecelakaan kapal sebanyak 7 kali dari total kasus yang ditangani sebanyak 21 kali. Sedangkan sisanya, 5 kasus bencana alam dan 9 kasus beberapa kondisi yang bisa membahayakan jiwa manusia yang ditangani oleh Basarnas Aceh.

“Kecelakaan di laut, pantai, banjir juga bencana gempa. Yang banyak kejadian air, khususnya di laut,” kata Kepala Basarnas Aceh, Suyatno Harjo, Jumat (3/2/2017) di Banda Aceh.

Menurutnya, Aceh merupakan wilayah yang rawan terhadap berbagaimacam bencana. Khususnya kondisi laut Aceh rawan terhadap berbagai kecelakaan. Hal ini bisa dilihat dari beberapa kasus yang ditangani SAR Aceh selama 2016 yang meninggal dunia mencapai 194 jiwa.

Bahkan, 2017 baru berlalu satu bulan korban jiwa akibat kecelakaan sebanyak 8 jiwa dari 21 kali kecelakaan seluruh Aceh. Dari jumlah kecelakaan itu, rata-rata kecelakaan laut yaitu 7 kecelakaan.

“Bahkan awal Januari sampai sekarang sudah 21 kejadian dan laut masih dominan. Melihat dari kejadian ini bisa dilihat kecelakaan sangat tinggi di Aceh, kecelakaan terjadi karena kondisi alam karena bencana, kecelakaan di laut dan kecelakaan dalam hutan,” jelasnya.[acl]

Komentar
Baca Juga
Terbaru