DATA BMKG 09 Agustus 2020

SAR Aceh Dapat Kapal Baru

SAR Aceh Dapat Kapal Baru

Kapal KN Kresna milik SAR Aceh.

HABADAILY.COM – Kepala Badan Research And Rescue (SAR) Nasional (Basarnas), Marsekal Madya TNI Felicianus Henry Bambang Soelistyo meresmikan KN SAR Kresna nomor lambung 232 di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, Jumat (12/02/2016).

Kapal KN Kresna ini sebelumnya sudah tiba di Pelabuhan Ulee Lheue sejak 11 Desember 2015 lalu untuk memperkuat alat utama SAR laut yang ada di Banda Aceh. Penandatangan prasasti peresmian oleh Kepala Basarnas disaksikan oleh unsur pejabat daerah Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dan Wali Nanggroe, Malik Mahmud al-Haytar.

Kepala Basarnas kepada wartawan mengatakan, KN SAR Kresna ini diharapkan bisa membantu proses evakuasi kebencanaan di Aceh. Ia mengaku koordinasi menjadi kunci keberhasilan operasi dan evakuasi di lapangan.

“Operasi di lapangan itu mencakup masalah profesionalitas manusianya, kemudian kehebatan dari alat yang digunakan, serta kehebatan dari komando yang jelas. Ketiga ini harus ada di lapangan. Untuk mendapatkan hal itu, maka koordinasi antara satu instansi antara satu instansi dengan yang lain sangat penting," jelasnya.

Menurut Soelistyo, Basarnas yang berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) tersebut, tetap harus fokus pada kegiatan tanggap darudat, operasi dan evakuasi. 

“Itu kan tugasnya Basarnas. Tapi kalo ditanya ke saya pribadi, saya akan bilang bahwa yang terpenting adalah pencegahan," pungkasnya.

KN Krestas 232 diproduksi pada tahun 2014 oleh PT Karimun Anugerah Sejati Batam Indonesia dan selesai pada tahun 2015 lalu. Selain itu, kapal ini memiliki panjang 40 meter dan lebar delapan meter. Berkonstruksi alumunium, memilik tiga mesin utama dan mampu berlayar hingga 30 Knots (54 meter/jam). Saat ini KN Kresna diawaki oleh 12 orang.[acl]

Komentar
Baca Juga
Terbaru