DATA BMKG 30 November 2020

Puluhan Miliar Uang RI Dikuras Kapal Asing Lewat Laut

Puluhan Miliar Uang RI Dikuras Kapal Asing Lewat Laut

wordpres.com

HABADAILY.COM –Setiap tahun ribuan ton ikan di laut Indonesia masih saja dikuras oleh kapal-kapal asing tanpa izin.  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI berkomitmen akan terus membasmi berbagai bentuk illegal fising di teritorial Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri KKP-RI Susi Pudjiastuti saat meninjau Kapal Silver Sea-2 (SS-2) asal Thailand TNI AL di Sabang, Jumat (25/9/15). "Kerugiang negara dari alut Indonesia yang dikuras kapal asing  diperkirakan hingga Rp 20 miliar US Dolar," katanya.

Menurut Susi, Kapal Silver Sea (SS-2) yang berbendera Thailand melakukan transhipment ikan di Papua Nugini dan sering bolak balik melintasi Zona Ekonomi Eksklusif (MEE), dan ketika melintasi teritorial Indonesia Kapal SS-2 mematikan ais atau satelit.

"Semua ada empat (4) Kapal yang jenisnya seperti Kapal Silver Sea (SS-2) menadah ikan dari hasil curian kapal-kapal kecil di laut Indonesia, tiga (3) Kapal lagi kalau melintas di perairan Indonesia akan segara ditangkan oleh Pangarmabar," kata Susi sambil melihat kewajah Pangarmabar, Tofiqurrahman yang duduk persis disampingnya.

Pada kesempatan itu Susi juga mengajak semua pihak untuk menjaga hasil laut sebagai kedaulatan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ketika Kapal KRI Teuku Umar 385 menangkap Kapal SS-2 membawa ribuan ton ikan yang terdiri dari berbagai jenis.

"Total semua ada 1.930 ton ikan di Kapal SS-2 terdiri dari, Ikan Tuna, Udang, Hiu Putih dan berbagai jenis ikan lainnya, ini jelas ikan di laut Indonesia. Biarkan semua negara memantau, bahwa sanya kita akan menjaga kedaulatan bangsa besar ini," jelas Susi. [jp]

Komentar
Terbaru