DATA BMKG 01 Juni 2020

Ahli Kanker : Hindari Makanan Cepat Saji Cegah Kanker

Ahli Kanker : Hindari Makanan Cepat Saji Cegah Kanker

ilustrasi | internet

HABADAILY.COM – Penyakit kanker bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. Penyebab kanker pun beragam, diantaranya karena riwayat kanker dalam keluarga, merokok, atau terpapar dengan zat kimia seperti yang terjadi saat bom atom meledak di Hiroshima, Jepang.

Kendati demikian, semua orang masih bisa menangkal kanker sebelum penyakit ini menggerogoti tubuh. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kanker secara alami.

dr. M. Riswan Sp. PD-KHOM-FINASIM, ahli penyakit dalam dan konsultan kanker penyakit dalam di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) mengatakan, cara mencegah kanker salah satunya dengan menghindari makanan cepat saji.

Tidak hanya makanan cepat saji. Makanan yang diberi pewarna juga dapat menimbulkan kanker karena didalamnya terdapat zat karsinogenik, yaitu zat yang bersifat mencetus kanker. Makan makanan yang sehat dan alami baik untuk mencegah kanker. Sertakan juga sayuran dan buah-buahan untuk mencegah kanker.

“Pengawet makanan juga sebabkan kanker. Kemudian, salah satu resiko kanker usus ialah makanan mentah, makanya resiko kanker usus lebih tinggi orang di Jepang daripada Indonesia,” kata dr. Riswan pada (7/8/2015) diruang kerjanya.

Selain itu, cara lain mencegah kanker bisa dengan olahraga secara teratur dan minum air putih. Rokok juga bisa menyebabkan tubuh terkena kanker, tidak hanya pada penghisap rokok, namun racun yang terdapat pada rokok juga menyebabkan orang disekitar perokok terkena kanker.

Jika terdapat bagian tubuh merasa nyeri, jangan diabaikan. Boleh jadi nyeri itu ialah tanda kanker. Dikatakan dr. Riswan, kanker merupakan pertumbuhan sel yang abnormal dan ditandai oleh dua hal, yang pertama berkembang dengan cepat dan kedua menjalar.

Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Mulailah hidup sehat dari sekarang, jangan tunggu penyakit serius menggerogoti tubuh Anda.[acl]

Komentar
Terbaru