DATA BMKG 02 Desember 2020

Babinsa Koramil 20/Darul Kamal Menghadiri Khanduri Blang

Babinsa Koramil 20/Darul Kamal Menghadiri Khanduri Blang

Babinsa Koramil 20/Darul Kamal Menghadiri Khanduri Blang

HABADAILY.COM | Khanduri Blang,  Tradisi yang turun temurun diwariskan dari nenek moyang bagi parapetani di Aceh. Khanduri blang bermakna kenduri sawah yaitu acara syukuran disertai doa-doa yang dipanjatkan Kepada Allah S.W.T disertai makan bersama yang dilakukkan oleh para petani ketika musim tanam padi tiba atau dimulai.  

Seiring perkembangan zaman, di mana musim tanam telah berlangsung dua kali setahun, maka kegiatan kenduri blang ini juga dilakukan dua kali dalam setiap tahun.

Dalam pelaksanaan kegiatan para petani  mengelar syukuran untuk berdoa kepada Allah SWT supaya tanaman padi mereka, bisa meningkat produksinya dan  terbebas dari hama baik tikus maupun hama tanaman.

Seperti yang dilakukan Serma Fahmi Babinsa Koramil 20/Darul Kamal Kodim 0101/BS menghadiri Khanduri Blang di Desa Mane Dayah, Kecamatan Darul Kamal Kabupaten Aceh Besar, Jum'at (23/10/2020).

Dalam pelaksanaan Khanduri Blang tersebut selain sebangai tradisi juga sebagai ajang silaturahmi antar warga dengan mengundang para tokoh atau sesepuh warga taklupa ikut hadir Drs Imran (Camat Darul Kamal) selaku tamu undangan.

Selain itu dilakukan makan bersama guna menjalin kebersamaan serta keakraban diantara warga desa dan para tamu undangan.

Kenduri syukuran, doa dan makan bersama ini memberi motivasi tersendiri bagi petani untuk memulai musim tanam, dengan harapan tanaman padi mereka akan lebih berkah dan hasil panen berlimpah.

"Trandisi ini telah dijalani secara turun menurun oleh para petani di Aceh," Pungkas Babinsa.(Ril)

Komentar
Terbaru