DATA BMKG 23 Agustus 2019
Pemko Banda Aceh

Pemko Banda Aceh Bantu Biaya Operasional Masjid dan Mushalla

Pemko Banda Aceh Bantu Biaya Operasional Masjid dan Mushalla

minullah menyerahkan bantuan operasional masjid dan mushalla.

ABADAILY.COM—Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Baitul Mal Kota Banda Aceh menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 102 masjid dan 104 mushalla yang ada di Kota Banda Aceh.

Walikota Banda Aceh Aminullah Usman didampingi Sekdako Bahagia dan Plt Kepala Baitul Mal Banda Aceh Arie Maula Kafka, secara simbolis menyerahkan langsung zakat tersebut kepada sejumlah pengurus masjid dan mushalla, Kamis (8/8/2019) malam di Pendopo, sesaat sebelum dimulainya Zikir dan Pengajian Gemilang.

Walikota juga menyalurkan bantuan operasional kepada 14 orang tahfidz luar negeri yang belajar di Thailand dan Malaysia. Sebelumnya, Pemko melalui Baitul Mal juga telah menyerahkan zakat tahap kedua kepada fakir uzur dan fakir miskin.

Dalam sambutannya, Aminullah mengatakan penyerahan bantuan zakat merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat. "Semoga dana ini bisa dimanfaatkan bagi para penerimanya, dan digunakan sebaik-baiknya untuk biaya operasional Masjid," ujar Aminullah.

Aminullah berharap agar para penerima dana zakat bisa memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya dan lebih produktif.

Ia juga mengungkapkan, kegiatan tersebut juga dilakukan sebagai upaya menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Kota Banda Aceh. "Berbagai upaya kita lakukan, termasuk dengan menghadirkan LKMS Mahirah Muamalah, sebagai solusi permodalan usaha kelas menengah ke bawah," pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Baitul Mal Arie Maula menambahkan, kepada masing-masing masjid dana yang diserahkan sebesar Rp5 juta, mushalla Rp3 juta dan tahfidz masing-masing diberikan Rp1,2 juta.

Baitul Mal Kota Banda Aceh telah menyalurkan bantuan kurang lebih Rp2 miliar pada tahap ini. Ia juga menerangkan, bantuan tersebut disalurkan sekali dalam tiga bulan. "Kita harapkan melalui program-program ini, para instansi, pengusaha dan masyarakat mau menyerahkan zakat melalui badan zakat resmi daerah, yakni Baitul Mal," ujar Arie.[]

Komentar
Baca Juga
Terbaru