Ini Artis Aceh Yang Berhasil Ke DPD-RI, DPR-RI dan DPR Aceh

Redaksi - habadaily
12 Mei 2019, 13:56 WIB
Ini Artis Aceh Yang Berhasil Ke DPD-RI, DPR-RI dan DPR Aceh Ini Artis Aceh Yang Berhasil Ke DPD-RI, DPR-RI dan DPR Aceh | HABADAILY.COM/NET

HABADAILY.COM - Meski perhitungan suara DPD RI, DPR-RI dan DPR Aceh di tingkat provinsi belum final, namun tiga tokoh ini sudah ramai diperbincangkan publik setelah hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten/kota. Dan mereka adalah yang juga pernah suskes di dunia intertaimen. 

1. H.Sudirman (Haji Uma)

Sudirman atau Haji Uma kembali terpilih sebagai anggota DPD RI 2019 - 2024. kandidat No urut 42. Sudirman (H.Uma) seorang pelawak dengan ikon: baju kaos putih sarung di selip ke leher dengan parang di tangan itu mendulang suara prestisius, hampir tembus 1 juta suara. Persisnya, 959.981 suara.

Umar Pradana yang lebih beken dengan panggilan Haji Uma ini adalah pria kelahiran Alue Awe 11 Oktober 1973. Umar Pradana dalam kesehariannya disamping seorang Mubalig alias Pendakwah juga disibukkan dengan aktifitas menyiar di Radio Citra Multi Swara yang dikelolanya.

Dalam film Komedi Aceh Eumpang Breuh Haji Uma ini sepertinya tidak bisa dipisahkan dari Parang dan merupakan sosok yang bertemperamen tinggi hingga kelihatan sangat sangar dan sangat ditakuti oleh Kapluk, Mando dan masyarakat. Sosok asli dalam keseharian sangat jauh berbeda dengan perannya di Eumpang Breuh.

2. H.Illiza Sa'aduddin Djamal (Bunda Elli)

Illiza Sa'aduddin Djamal (lahir di Banda Aceh, 31 Desember 1973; umur 45 tahun) adalah mantan Wali kota Banda Aceh yang menjabat sejak 16 Juni 2014 hingga 7 Juli 2017. 

Kini, Iliiza kembali dipercaya oleh rakyat aceh untuk menjadi wakil rakyat di parlemen DPR-RI masa jabatan 2019-2024. 

Illiza bukan hanya kaum hawa yang sukses dalam menata kota dan melayani rakyat, dia juga piawai dalam berakting. sejak bebrapa tahun lalu Illiza sukses memnbintangi beberapa cinema film nasional di tanah air. film film yang bernafas islam tersebut juga melibatkan lokasi syutingnya di aceh. tentu hal itu karena Illiza orang aceh.

Seperti film Lima Penjuru Masjid (5 PM) dan film syurga memanti.  bukan hanya lihai berakting Illiza juga menjadi pengisi soundtrack syurga menanti yaitu wasiat ibunda.

3. Sulaiman SE (Bang Leman)

Sulaiman adalah sosok laki-laki tenang dan ramah, gaya tutur bahasanya yang santun dan pengayom benar-benar melekat pada keperibadian. Dia juga menjabat Ketua DPRK Aceh Besar selama dua perioder.

Sebelum terjun ke dunia politik, pria kelahiran Lam Ara Tunong, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar ini dikenal aktif bergerak dalam berbagai kegiatan sosial.

Berbekal dari prestasi gemilang dan keaktifannya di bidang sosial itulah, Sulaiman yang mengantarkannya menjadi seorang politikus muda di Partai Aceh. 

Pemilu 2019, Dia kembali mencalonkan diri sebagai wakil rakyat menuju ke kursi DPR Aceh, dan rakyat aceh terus memberi kepercayaan. Sulaiman terpilih sebagai anggota DPRA 2019-2024.

Selain lihai dipanggung politik, ternyata Sulaiman juga seorang intertain dia sukses bermain dalam film BASAJAN yang diprosduksi oleh DhienKeramik Production.


Demikian tiga Pelaku Seni Aceh Sukses Menuju Kursi Parlemen 2019-2024 untuk Wilayah Aceh versi Habadaily.com

Loading...