Begini Tradisi Meugang di Kodim 0101/BS 

Redaksi - habadaily
05 Mei 2019, 02:53 WIB
Begini Tradisi Meugang di Kodim 0101/BS  Begini Tradisi Meugang di Kodim 0101/BS 

HABADAILY.COM - Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS melaksanakan tradisi "Meugang" dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1440 H, bertempat di Markas Kodim 0101/BS jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah No. 32 Gampong Baro Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh, Sabtu (4/5/2019).

"Meugang" merupakan salah satu tradisi yang dilaksanakan secara turun temurun oleh masyarakat Aceh. Dimana masyarakat Aceh melakukan masak dan makan daging untuk disantap bersama keluarganya.

Pelaksanaan “Meugang” ini dilaksanakan sebanyak tiga kali dalam setahun yakni, menjelang puasa Ramadhan, Idul Fitri dan Idul Adha. Demikian halnya dengan anggota Kodim 0101/BS.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0101/BS Letnan Kolonel Inf Catur Adi Siswoyo,S.IP menuturkan, bahwa Kodim 0101/BS dalam hal ini sangat konsisten pada budaya dan kearifan lokal seperti tradisi “Meugang” ini.

“Di Kodim 0101/BS, kita juga melaksanakan tradisi yang sama sebagaimana dilaksanakan masyarakat Aceh pada umumnya, karena anggota Kodim juga tumbuh dan besar bersama rakyat Aceh,” ujarnya.

Perwira Seksi Logistik (Pasilog) Kodim 0101/BS Mayor Inf Mukolil selaku Koordinator penyembelihan mengatakan, bahwa meugang kali ini Kodim menyembelih tiga ekor sapi dan dagingnya dibagikan kepada anggota Kodim, para Guru Taman Kanak-kanak (TK) Kartika Kodim 0101/BS dan petugas kebersihan jalan, serta Pengurus Mesjid Keraton.

"Meugang kali ini ada dua ekor sapi besar yang kita sembelih dan dagingnya kita bagikan kepada anggota, para guru TK Kartika binaan kita dan petugas kebersihan jalan, serta Pengurus Mesjid Keraton," tutup Mayor Mukolil.

Loading...