DATA BMKG 16 Oktober 2019
Pemko Banda Aceh

Aminullah Buka Peringatan BBGRM, HKG PKK dan TTG di Stadion Harapan Bangsa

Aminullah Buka Peringatan BBGRM, HKG PKK dan TTG di Stadion Harapan Bangsa

HABADAILY.COM—Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVI, Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 dan Lomba Tekhnologi Tepat Guna (TTG) ke-II tingkat Kota Banda Aceh digelar sekaligus.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Walikota Banda Aceh Aminullah Usman, Senin (29/4/2019) di halaman Stadion Harapan Bangsa, Lhong Raya Banda Aceh, dengan pemukulan beduk.

Aminullah mengatakan BBGRM merupakan program pemerintah yang dilaksanakan rutin setiap tahun. “Lewat BBGRM ini kita ingin menumbuhkembangkan kembali tradisi dan budaya nilai-nilai gotong royong ditengah masyarakat,” ujar Aminullah

Menurutnya, di tengah arus globalisasi dan kemajuan tekhnologi, nilai-nilai kegotongroyongan sudah semakin meluntur. Bagi masyarakat Aceh, gotong royong bukan hanya tradisi tapi juga sejalan dengan dengan syariat Islam yang mewajibkan peduli dengan lingkungan dan saling membantu antar sesama. “Dengan semangat ini, partisipasi akan meningkat dan tujuan pembangunan lebih mudah tercapai,” kata walikota.

Lanjutnya, BBGRM dan HKG merupakan momentum melestarikan nilai-nilai gotong royong, usaha pemberdayaan keluarga, penciptaan inovasi dan penemuan baru tekhnologi tepat guna yang berbasis masyarakat dan usaha peningkatan ekonomi dan peningkatan taraf hidup masyarakat yang melibatkan seluruh elemen dan lembaga kemasyarakatan yang ada.

“Karenanya, kita minta Camat dan Keuchik dapat terus menggerakkan gotong royong diseluruh gampong untuk memperkuat rasa solidaritas masyarakat dalam meningkatkan hasil-hasil pembangunan guna mewujudkan Banda Aceh yang gemilang dalam bingkai syariah,” pinta Aminullah.

Usai membuka kegiatan ini, Wali Kota bersama Wakil Wali Kota, Zainal Arifin, Ketua TP PKK, Hj Nurmiaty AR, Wakil Ketua PKK, Hj Fauziah, Ketua Dekranasda, Buraida Bahagia, Kepala DPMG, Dwi Putrasyah dan Kepala Baitul Mal, Safwani Zainun meninjau lokasi pameran TTG yang tidak jauh dari panggung utama.

Tampak Walikota berbincang-bincang dengan sejumlah peserta pameran untuk mengetahui lebih jauh keunggulan dari karya-karya mereka. Ia juga mensupport mereka dan menyatakan Pemko akan mendukung mereka untuk terus berkreasi dan berinovasi.

Tidak jauh dari lokasi TTG, Walikota juga meninjau hasil kerajinan kelompok UP2K PKK Gampong sebagai sarana promosi dari setiap kecamatan.

Hadiah Lomba PKK

Pada kesempatan ini, Ketua PKK Kota Banda Aceh, Hj Nurmiaty AR bersama Wakil Ketua TP PKK, Hj Fauziah menyerahkan hadiah untuk berbagai perlombaan PKK. Hj Nurmiaty menyerahkan hadiah Rp5 juta untuk TP PKK Gampong Sukaramai yang memenangkan lomba tertib administrasi PKK Gampong.

Juara II diraih TP PKK Gampong Beurawe yang mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp4 juta, juara III diraih TP PKK Gampong Lhong Raya yang diberikan hadiah Rp3 juta, dan juara harapan diraih TP PKK Gampong Peurada yang mendapatkan hadiah Rp2 juta.

Untuk lomba kelompok pencegahan KDRT, juara I diraih TP PKK Gampong Emperom. Mereka mendapatkan hadiah Rp5 juta yang diserahkan Wakil Ketua TP PKK, Hj Fauziah. TP PKK Gampong Tibang berhasil meraih juara II dan mendapatkan hadiah Rp4 juta, juara III diraih TP PKK Gampong Lamlagang yang diberikan hadiah sebesar Rp3 juta, dan juara harapan diraih TP PKK Gampong Lamdingin yang mendapatkan hadiah sebesar Rp2 juta.

Selain dua perlombaan tersebut, TP PKK Kota Banda Aceh juga menggelar empat jenis perlombaan lain, yakni lomba lembaga PAUD, lomba hatinya PKK, lomba lingkungan bersih dan sehat serta lomba senam lansia.

Menurut Nurmiaty AR, kegiatan ini digelar dengan sasaran meningkatkan peran aktif keluarga dan masyarakat serta kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam pembangunan serta meningkatkan rasa memiliki dan tanggung jawab masyarakat dalam memelihara hasil-hasil pembangunan di gampong.[]

 

Komentar
Baca Juga
Terbaru